UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI PERKELAHIAN ANTAR PENONTON PADA PERTUNJUKAN DANGDUT DI KECAMATAN PAKIS AJI KABUPATEN JEPARA


Melisa Fuji Lestari , 3301415009 (2019) UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI PERKELAHIAN ANTAR PENONTON PADA PERTUNJUKAN DANGDUT DI KECAMATAN PAKIS AJI KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI PERKELAHIAN ANTAR PENONTON PADA PERTUNJUKAN DANGDUT DI KECAMATAN PAKIS AJI KABUPATEN JEPARA] PDF (UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI PERKELAHIAN ANTAR PENONTON PADA PERTUNJUKAN DANGDUT DI KECAMATAN PAKIS AJI KABUPATEN JEPARA)
Download (1MB)

Abstract

Pertunjukan dangdut di Kabupaten Jepara sering diwarnai dengan perkelahian yang melibatkan penonton. Perkelahian tersebut disebabkan karena miras, kesalahpahaman, dan faktor lainnya. Perkelahian yang terjadi disertai dengan tindakan kekerasan seperti pengkeroyokan dan penganiayaan yang merupakan suatu kejahatan. Sehingga perkelahian tersebut meresahkan masyarakat karena mengganggu keamanan dan ketertiban. Untuk itu, perkelahian antar penonton perlu untuk ditangani. Salah satu lembaga yang bertugas untuk menanggulangi perkelahian antar penonton yaitu Kepolisian Sektor Pakis Aji melalui upaya penanggulangan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor dan dampak perkelahian antar penonton, upaya penanggulangannya, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan upaya tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Kepolisian Sektor Pakis Aji dan salah satu lokasi pertunjukan dangdut. Subjek penelitian ini adalah Kapolsek, Unit Intelkam, Unit Sabhara, Unit Binmas, Unit Reskrim, penonton, dan penyelenggara pertunjukan dangdut. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan faktor penyebab perkelahian antar penonton pada pertunjukan dangdut di Kecamatan Pakis Aji diantaranya yaitu miras dan dendam. Sedangkan akibat perkelahian yaitu mengganggu jalannya hiburan, menimbulkan permusuhan, dan lainnya. Upaya penanggulangan perkelahian antar penonton yang dilakukan oleh Polsek Pakis Aji terdiri dari upaya preventif dan represif. Upaya preventif terdiri dari sosialisasi, analisis kerawanan, memaksimalkan potensi keamanan di desa, dan sebagainya. Upaya represif terdiri dari tindakan melerai dan mengamankan pihak-pihak yang terlibat perkelahian, proses hukum, dan pembinaan. Faktor pendukung dalam upaya ini yaitu rasa tanggung jawab, kesiapsiagaan, perlengkapan Polri, dan bantuan keamanan dari berbagai pihak. Sedangkan faktor penghambat terdiri dari kurangnya personil, kurangnya kesadaran masyarakat terkait perizinan, dan lain sebagainya. Saran: 1) bagi Kepolisian Sektor Pakis Aji, upaya yang dilakukan tidak hanya insidental serta lebih tegas menindak pelaku perkelahian dan penjual miras 2) bagi masyarakat Pakis Aji, hendaknya menghindari perkelahian, tidak mengonsumsi minuman keras serta mengurangi intensitas pertunjukan dangdut di wilayah Pakis Aji. 3) bagi Pemerintah Kabupaten Jepara, kecamatan atu desa bisa membuat kebijakan yang lebih tegas bagi penjual miras yang diwujudkan dengan sikap dan tindakan kongkrit. Selain itu, kesepakatan mengenai standar operasional hiburan dangdut dijadikan suatu peraturan tertulis atau Perda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Upaya Kepolisian, Menanggulangi, Perkelahian antar Penonton
Subjects: J Political Science > Government
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:55
Last Modified: 02 Sep 2020 03:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38692

Actions (login required)

View Item View Item