MANAJEMEN PEMENANGAN CALON KEPALA DESA TERPILIH DI DESA MEDANI KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN


Ardi Kurniawan , 3301415004 (2019) MANAJEMEN PEMENANGAN CALON KEPALA DESA TERPILIH DI DESA MEDANI KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MANAJEMEN PEMENANGAN CALON KEPALA DESA TERPILIH DI DESA MEDANI KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN] PDF (MANAJEMEN PEMENANGAN CALON KEPALA DESA TERPILIH DI DESA MEDANI KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN) - Published Version
Download (931kB)

Abstract

Pemilihan kepala desa merupakan cerminan demokrasi yang ada di tingkat desa, hal ini karena rakyat memilih secara langsung kepala desa. Setiap calon yang maju di dalam pemilihan kepala desa berkeinginan untuk memenangkannya, serta membutuhkan suatu manajemen untuk hal tersebut. Manajemen yang dipilih bertujuan untuk memenangkan persaingan tersebut, begitu juga dengan kepala desa terpilih di Desa Medani memiliki manajemen yang digunakan untuk memenangkan di dalam pemilihan kepala desa tahun 2018. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pemenangan yang digunakan calon kepala desa terpilih dalam memenangkan pemilihan kepala desa di Desa Medani Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan tahun 2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah Desa Medani, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian ini meliputi kepala desa, tim sukses, dan masyarakat. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan (Miles, 2007:16). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pemenangan pemilihan kepala desa di Desa Medani Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan tahun 2018 menggunakan empat tahapan manajemen yaitu sebagai berikut: 1) tahap perencanaan (planning) langkah yang dilakukan dengan pembuatan visi misi, program kerja berdasarkan aspirasi masyarakat dan merencanakan manajemen pemenangan; 2) tahap pengorganisasian (organizing) langkah yang dilakukan mulai dari membentuk tim sukses dan struktur tim sukses, pembagian tugas tim sukses; 3) tahap pergerakan (actuating) langkah yang dilakukan dengan melaksanakan strategi meliputi strategi ofensif (menyerang) dan strategi defensif (bertahan). Strategi ofensif dilakukan dengan kampanye tertutup dengan datang ke rumah warga secara door to door, bertatap muka langsung dengan masyarakat dan mengumpulkan masyarakat. Sedangkan strategi defensif (bertahan) dilakukan dengan pemantauan lawan melalui adanya mata-mata terhadap lawan rival; 4) tahap pengawasan (controling) langkah yang dilakukan oleh tim sukses dalam mencari kekurangan dan kelemahan lawan rivalnya, serta kepala desa terpilih melakukan pengawasan terhadap tim sukses dengan cara mengadakan evaluasi terhadap kinerja dan perkembangan langkah manajemen pemenangannya. Saran yang diberikan yaitu bagi calon kepala desa yang akan mencalonkan dalam pemilihan berikutnya agar menggunakan manajemen yang lebih baik dalam memenangkan pemilihan kepala desa, tidak menggunakan cara-cara yang merusak nilai-nilai demokrasi, dan bagi masyarakat desa dapat dijadikan sebagai wadah pendidikan politik untuk berpartisipasi dalam demokrasi desa secara langsung untuk memilih pemimpinnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepala Desa, Manajemen Pemenangan, Manajemen Strategi.
Subjects: J Political Science > Government
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:56
Last Modified: 02 Sep 2020 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38673

Actions (login required)

View Item View Item