PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DI SMP N 1 SALATIGA


Ramadhan Edi Saputra , 3301414121 (2019) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DI SMP N 1 SALATIGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DI SMP N 1 SALATIGA] PDF (PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DI SMP N 1 SALATIGA) - Published Version
Download (568kB)

Abstract

Media pembelajaran yang tepat sebagai alat bantu pembelajaran diharapkan mampu membantu mencapai tujuan pembelajaran. Untuk mencapai nya diperlukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang tepat dan matang dari guru. Berdasarkan hasil observasi awal penulis di SMPN 1 Salatiga, penerapan media pembelajaran sangat minim digunakan oleh guru padahal insfrastruktur penunjang sudah tersedia di dalam kelas, hasil belajar siswa cukup namun belum memuaskan. Salah satu faktornya adalah proses pembelajaran yang kurang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsiakan: 1) Penerapan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 1 Salatiga 2) Ada tidak peningkatan hasil belajar siswa dari penerapan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran PPKn kelas VII di SMPN 1 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Grup Design. Desain ini digunakan untuk membandingkan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis validitas menggunakan korelasi product moment. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes berupa hasil belajar kognitif siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik inferensial dengan melakukan uji T. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media pembelajaran interaktif dikelas memiliki dampak positif terhadap guru,siswa dan pembelajaran. Terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan ketika diterapkan media pembelajaran interaktif dibandingkan dengan tanpa media. Perbedaan rata-rata kelas ekperimen dan kelas kontrol menunjukkan angka 5,97. Artinya bahwa penerapan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMPN 1 Salatiga. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan yaitu : Bagi guru hendaknya melakukan tahap persiapan secara matang, memperbaiki kualitas pengajaran dan berupaya membuat pembelajaran yang kreatif, efektif dan inovatif agar mampu mencapai target dan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Bagi sekolah supaya meningkatan fasilitas penunjang pembelajaran di kelas sebagai usaha dalam peningkatan dan pengembangan mutu pembelajaran di sekolah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar, PPKn
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:20
Last Modified: 02 Sep 2020 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38668

Actions (login required)

View Item View Item