UPAYA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DI SMP KESATRIAN 2 SEMARANG


Singgih Pamungkas , 3301414106 (2019) UPAYA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DI SMP KESATRIAN 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of UPAYA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DI SMP KESATRIAN 2 SEMARANG] PDF (UPAYA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DI SMP KESATRIAN 2 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penggunaan media sosial yang berlebihan dan tidak terkontrol berdampak pada siswa sehingga kepekaan sosial mereka kurang, mereka lebih mengandalkan teknologi dibandingkan peran manusia yang tentunya memberi dampak langsung terhadap kehidupan sosial. Masing-masing siswa tampak sibuk memikirkan urusannya sendiri sendiri dengan bermain media sosial dan browsing seharian. Mereka hanya meluangkan beberapa menit saja untuk saling menyapa dan berinteraksi dengan teman secara langsung dan membuat siswa menjadi pribadi yang individualistik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Upaya sekolah dalam menumbuhkan kepedulian sosial siswa di SMP Kesatrian 2 Semarang, (2) faktor penghambat sekolah dalam menumbuhkan kepedulian sosial siswa di SMP Kesatrian 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di SMP Kesatrian 2 Semarang yang berada di Jl. Pamularsih 96, Semarang Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Tahapan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Upaya sekolah dalam menumbuhkan kepedulian sosial siswa di SMP Kesatrian 2 Semarang dilaksanakan di dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran. Di dalam pembelajaran dilaksanakan dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Di luar pembelajaran melalui kegiatan pemahaman tadabur ayat di Al Qur‟an pada kegiatan baca tulis Al Qur‟an, himbauan sholat dhuhur berjama‟ah, dan ekstrakurikuler sekolah yaitu pramuka dan PMR. Dalam upaya menumbuhkan kepedulian sosial siswa di SMP Kesatrian 2 Semarang terdapat beberapa faktor penghambat yakni kesadaran peserta didik dan penggunaan media sosial Saran, bagi sekolah diharapkan dapat mengadakan forum komunikasi dengan orang tua supaya dapat membimbing peserta didik selain di sekolah juga di lingkungan keluarga. Dan Bagi guru, untuk memberikan dukungan dan motivasi lebih kepada siswa untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial terhadap sesama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Upaya Sekolah, Peduli Sosial, Pendidikan Karakter
Subjects: J Political Science > JC Political theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:16
Last Modified: 02 Sep 2020 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38667

Actions (login required)

View Item View Item