PENGUATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL PEMUDA DALAM KARANG TARUNA ANTERO DESA KALIPUCANG WETAN


JURANTI , 3301414092 (2019) PENGUATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL PEMUDA DALAM KARANG TARUNA ANTERO DESA KALIPUCANG WETAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGUATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL PEMUDA DALAM KARANG TARUNA ANTERO DESA KALIPUCANG WETAN] PDF (PENGUATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL PEMUDA DALAM KARANG TARUNA ANTERO DESA KALIPUCANG WETAN) - Published Version
Download (534kB)

Abstract

Karang taruna adalah suatu organisasi kepemudaan yang ada di Indonesia dan merupakan sebuah wadah atau tempat pengembangan jiwa sosial generasi muda. Karang taruna sebagai bagian dari lembaga kelurahan dipersiapkan untuk memahami permasalahan yang terjadi di desa, selain itu karang taruna juga mempunyai tanggung jawab tinggi untuk dapat menyadarkan pemuda desa dalam berorganisasi sehingga dapat mewujudkan pembangunan desa yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui penguatan sikap tanggung jawab sosial pemuda dalam Karang Taruna Antero Desa Kalipucang Wetan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di lingkungan desa daerah tempat peneliti tinggal, yaitu di Dusun Bogoran Desa Kalipucang Wetan RT 02 RW 04 Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumen atau arsip. Informan dalam penelitian ini adalah anggota, pengurus, pembina dan perwakilan warga setempat. Pemeriksaan keabsahan data ini digunakan dengan cara triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui interaksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) Sikap tanggung jawab sosial yang dimiliki anggota sudah cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kesadaran anggota dalam berpartisipasi di setiap penyelenggaraan kegiatan program kerja karang taruna yang diadakan. Penguatan sikap tanggung jawab dilakukan melalui pembinaan dengan cara dengan memberikan pengarahan, kritikan dan masukan yang positif, sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan program kerja oleh pemimpin karang taruna, pembina, ataupun oleh sesepuh atau pemuka di dukuh Bogoran setempat. Saran bagi karang taruna hendaknya membuat program baru yang inovatif dan perlu adanya mekanisme kinerja organisasi yang lebih terstruktur dan solid. Bagi warga, untuk dapat memberikan semangat dan dukungan kepada putra-putrinya untuk dapat ikut berorganisasi. Pemerintah Kabupaten hendaknya lebih memperhatikan organisasi kepemudaan yang ada di tingkat kelurahan atau desa dengan cara memberikan pembinaan tentang pengelolaan organisasi kepemudaan atau karang taruna secara rutin kepada pemuda di tingkat kelurahan atau desa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Sosial, Pemuda, Karang Taruna
Subjects: J Political Science > Government
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:12
Last Modified: 02 Sep 2020 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38664

Actions (login required)

View Item View Item