GOOD GOVERNANCE DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA DI DESA KLAGEN KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA


Anissa Rossae , 3301414090 (2019) GOOD GOVERNANCE DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA DI DESA KLAGEN KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of GOOD GOVERNANCE DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA DI DESA KLAGEN KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA] PDF (GOOD GOVERNANCE DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA DI DESA KLAGEN KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA) - Published Version
Download (616kB)

Abstract

Keberadaan desa secara yuridis formal diakui dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Pemahaman tersebut yang menempatkan bahwa Pemerintah Desa memiliki wewenang untuk mengelola dan mengatur kegiatan rumah tangganya sendiri dan mengembangkan pemberdayaan pada masyarakat. Adanya program Dana Desa semakin membantu Pemerintah Desa dalam memajukan Desa mereka masing-masing. Sehingga untuk mewujudkan sebuah Pemerintahan Desa yang sesuai sasaran dan kebutuhan masyarakat maka diperlukan penerapan prinsip-prinsip Good Governance. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasi dalam penelitian ini meliputi Kepala Desa, Sekretaris Desa, Anggota Karang Taruna, dan masyarakat Desa Klagen. Uji keabsahan data ini menggunakan cara triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui interaksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam melaksanakan pembangunan masih terpaut pada pembangunan fisik saja sehingga pemberdayaan masyarakat yang ada masih tertinggal. Sedangkan dalam penerapan Prinsip Good Governance di Pemerintahan Desa Klagen masih terdapat banyak penyimpangan, namun yang menarik tidak ada reaksi sosial yang dilakukan oleh masyarakat Desa Kalgen. Penelitian ini juga menunjukkan partisipasi masyarakat yang masih pasif. faktor pendorong, kompetensi kepala desa yang responsif, serta partisipasi masyarakat walau hanya sebatas partisipasi fisik berupa tenaga, uang dan bahan. faktor penghambat, kepasifan masyarakat, ketimpangan aparat desa serta lembaga penyalur asprasi masyarakat, serta kesenjangan sosial Saran bagi Pemerintah Desa hendaknya melakukan pembangunan dalam segi pemberdayaan masyarakat serta meningkatan fungsi kelompok masyarakat. Untuk masyarakat kesadaran akan pentingnya partisipasi masyarakat dalam mengontrol pembangunan Desa Klagen. Pemerintah perlu adanya peningkatan fungsi Zona Integritas bagi setiap desa sehingga Pemerintah Desa terdidik untuk memliki kredibilitas dan akuntabilitas dalam pemerintahannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Good Governance, Pembangunan Desa, Pemerintahan Desa
Subjects: J Political Science > Government
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:10
Last Modified: 02 Sep 2020 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38663

Actions (login required)

View Item View Item