IMPLEMENTASI PROGRAM MOVING CLASS PADA KELAS PPKN DI SMP KEBON DALEM KOTA SEMARANG


Farida Ikawati , 3301414078 (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM MOVING CLASS PADA KELAS PPKN DI SMP KEBON DALEM KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PROGRAM MOVING CLASS PADA KELAS PPKN DI SMP KEBON DALEM KOTA SEMARANG] PDF (IMPLEMENTASI PROGRAM MOVING CLASS PADA KELAS PPKN DI SMP KEBON DALEM KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (683kB)

Abstract

Moving class adalah salah satu cara agar sekolah dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Moving class itu sendiri merupakan pembelajaran di mana siswa berpindah ruang setiap pergantian pelajaran dan kelas yang dituju merupakan kelas mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi program moving class, 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi sekolah. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi peserta didik, guru, dan kepala sekolah SMP Kebon Dalem Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion). Sedangkan uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi, meliputi: triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi program moving class pada kelas PPKn di SMP Kebon Dalem Kota Semarang, pada tahap perencanaan dan pelaksanaan moving class belum sepenuhnya dilakukan dengan baik oleh pihak kepala sekolah selaku pemimpin di sekolah, pada tahap pelaksanaan moving class pada dasarnya belum berjalan dengan optimal sebagaimana yang direncanakan dan pada tahap pengevaluasian belum dilakukan secara rutin oleh kepala sekolah sehingga kepala sekolah tidak mengetahui sejauhmana keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan sistem pembelajaran moving class sehingga ada refleksi untuk melakukan perbaikan pelaksanaan sistem pembelajaran moving class. (2) Faktor pendukung implementasi program moving class di SMP Kebon Dalem Semarang adalah tenaga guru, ruang kelas yang digunakan untuk moving class telah tercukupi, sistem pembelajaran individual telah terlaksana dengan baik dan kegiatan penilaian telah dilaksanakan oleh guru mata pelajaran secara rutin dan berkelanjutan untuk menilai kemajuan belajar siswa. (3) Faktor penghambat implementsi program moving class di SMP Kebon Dalem adalah perpindahan siswa berjalan tidak efektif dan efisien, sarana kelas masih ada yang tidak lengkap namun tetap terkelola dengan baik, Administrasi guru dan siswa terlaksana dengan maksimal, kegiatan remedial dan pengayaan belum dilaksanakan secara kontinu dan berkelanjutan, dan biaya operasional moving class belum sepenuhnya mampu ditanggulangi oleh pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Moving Class, Kelas PPKn
Subjects: J Political Science > JC Political theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2020 01:50
Last Modified: 02 Sep 2020 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38660

Actions (login required)

View Item View Item