IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMP KEBON DALEM KOTA SEMARANG


Resadani Fitriana , 3301414038 (2019) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMP KEBON DALEM KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PELAKSANAAN MORAL PANCASILA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP AL-MADINA BOARDING SCHOOL KABUPATEN WONOSOBO] PDF (PELAKSANAAN MORAL PANCASILA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP AL-MADINA BOARDING SCHOOL KABUPATEN WONOSOBO) - Published Version
Download (120kB)
[thumbnail of IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMP KEBON DALEM KOTA SEMARANG] PDF (IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMP KEBON DALEM KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah merupakan program yang sangat penting dalam rangka mengembangkan kemampuan literasi peserta didik. Berdasarkan tahapan Gerakan Literasi Sekolah yang dicanangkan, khusus pada tahan ketiga, yakni memadukan literasi dengan seluruh mata pelajaran di sekolah. Hal ini membutuhkan model/metode pembelajaran dan model penilaian literasi yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui implementasi gerakan literasi sekolah di SMP Kebon Dalem Kota Semarang. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan Gerakan Literasi sekolah di SMP Kebon Dalem Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Fokus penelitian yaitu pelaksanaan gerakan literasi di SMP Kebon Dalem Kota Semarang, keunggulan gerakan literasi sekolah di SMP Kebon Dalem Kota Semarang, kelemahan pelaksanaan gerakan literasi di SMP Kebon Dalem Kota Semarang. Sumber data penelitian diperoleh dari Kepala Sekolah, waka kesiswaan, guru pengampu literasi, Peserta didik, dokumen data sekolah mengenai literasi sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Uji validitas data menggunakan metode triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi gerakan literasi di SMP Kebon Dalem Kota Semarang menerangkan tahapantahapan pelaksanaan literasi yaitu tahap pembiasaan yang dilakukan setiap hari sebelum kegiatan pembelajaran di mulai dengan durasi waktu membaca 15 menit. Tahap pengembangan serta tahap pembelajaran yaitu berupa program-program yang menunjang pelaksanaan gerakan literasi seperti membaca di pagi hari, mini library dan pengadaan perpustakaan sebagai sumber literasi. Faktor Pendukung Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Kebon Dalem Kota Semarang yaitu adanya sarana untuk mensosialisasikan program literasi dari sekolah. Perkembangan media seperti penggunaan google classroom sebagai alat penilaian tugas atau tagihan akademik dari kegiatan literasi juga membantu dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah. Faktor penghambat Implementasi Gerakan Literasi di SMP Kebon Dalem Kota Semarang yaitu kurangnya peningkatan program yang lebih inovatif dalam menunjang pelaksanaan gerakan literasi. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: Untuk kepala sekolah selaku supervisi dan pemegang kekuasaan di sekolah haruslah lebih meningkatkan lagi fasilitas sarana prasarana demi menunjang berjalannya kegiatan literasi dan lebih meningkatkan lagi program-program yang lebih inovatif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Gerakan Literasi Sekolah, Gerakan Literasi Sekolah, Literasi.
Subjects: J Political Science > JC Political theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2020 01:44
Last Modified: 02 Sep 2020 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38659

Actions (login required)

View Item View Item