PEMBINAAN TIM LCC EMPAT PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA DI SMK NEGERI 7 KOTA SEMARANG


Dwi Qisti Chasanah , 3301414015 (2019) PEMBINAAN TIM LCC EMPAT PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA DI SMK NEGERI 7 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMBINAAN TIM LCC EMPAT PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA DI SMK NEGERI 7 KOTA SEMARANG] PDF (PEMBINAAN TIM LCC EMPAT PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA DI SMK NEGERI 7 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (830kB)

Abstract

Persoalan kebangsaan dan kenegaraan, seperti disintegrasi bangsa, kisruh politik, korupsi, turunnya moral generasi muda menimbulkan kebhinekaan terusik. Menyadari situasi dan kondisi tersebut, MPR RI sesuai dengan tugas yang diamanatkan oleh UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD pasal 5 huruf a dan b yaitu memasyarakatkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta ketapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika. MPR RI dalam rangka sosialisasi mengadakan Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara untuk peserta didik tingkat SMA/SMK/Sederajat. SMK Negeri 7 Kota Semarang adalah salah satu yang mengikuti LCC Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut. Berkenaan dengan latar belakang tersebut, penelitian ini mengangkat permasalahan: (1) Pembinaan Tim LCC Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di SMK Negeri 7 Kota Semarang, (2) Alasan pembinaan Tim LCC Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di SMK Negeri 7 Kota Semarang, (3) Faktor penghambat pembinaan Tim LCC Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di SMK Negeri 7 Kota Semarang, (4) Faktor pendukung pembinaan Tim LCC Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di SMK Negeri 7 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian yaitu Pembinaan Tim LCC Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di SMK Negeri 7 Kota Semarang, alasan pembinaan Tim LCC Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di SMK Negeri 7 Kota Semarang, faktor penghambat pembinaan Tim LCC Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di SMK Negeri 7 Kota Semarang, faktor pendukung pembinaan Tim LCC Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di SMK Negeri 7 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembinaan Tim LCC Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di SMK Negeri 7 Kota Semarang dari rekrutmen yang dimulai sejak MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dengan menggunakan pendekatan saintifik, adanya manajemen pembinaan dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi, serta ada beberapa hal yang diajarkan seperti model penguasaan materi, pembagian waktu, bekerjasama dalam sebuah Tim dan penguatan mental terhadap Tim. (2) alasan pembinaan Tim LCC Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di SMK Negeri 7 Kota Semarang adalah sebagai kesiapan menghadapi perlombaan, komunikasi antara peserta didik dengan pihak sekolah, dorongan pihak luar sebagai dasar pelaksanaan pembinaan, serta harapan sekolah terhadap peserta didik untuk dapat berkonstribusi bagi diri sendiri dan lingkungan. (3) faktor penghambat pembinaan adalah keterbatasan sarana prasarana berupa tempat khusus untuk pelaksanaan pembinaan dan dana untuk mengundang narasumber dari luar dalam pembinaan Tim LCC Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. (4) faktor pendukung pembinaan adalah antusiasme peserta didik yang tinggi dan support seluruh warga sekolah yang baik. Saran dalam penelitian ini adalah: sekolah tetap mempertahankan budaya lingkungan yang baik sebagai support pembinaan dan membentuk Tim LCC Empat Pilar yang handal serta dapat memfasilitasi tempat khusus sebagai penunjang pembinaan Tim LCC Empat Pilar. Pembina membentuk team work pembina untuk dapat selalu menemani anggota Tim ketika pembinaan berlangsung. Anggota Tim LCC Empat Pilar harus selalu meningkatkan semangatnya dan mengikuti proses pembinaan dengan sungguh-sungguh untuk menghasilkan prestasi yang baik dan dapat mensosialisasikan materi (Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika) yang didapatkan dari pembinaan tersebut kepada seluruh peserta didik yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Tim, Lomba Cerdas Cermat, Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
Subjects: J Political Science > JC Political theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2020 01:41
Last Modified: 02 Sep 2020 01:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38658

Actions (login required)

View Item View Item