Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada Materi Jamur Kelas X SMA Negeri 1 Semarang


Falik Rusdayanto , 4401404074 (2010) Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada Materi Jamur Kelas X SMA Negeri 1 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada Materi Jamur Kelas X SMA Negeri 1 Semarang]
Preview
PDF (Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada Materi Jamur Kelas X SMA Negeri 1 Semarang) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Jurusan Biologi UNNES mengembangkan pendekatan pembelajaran yang disebut dengan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Pendekatan ini menekankan pada kegiatan pembelajaran yang dikaitkan dengan situasi nyata, sehingga selain dapat membuka wawasan berfikir yang beragam dari seluruh peserta didik, pendekatan ini memungkinkan peserta didik dapat mempelajari berbagai konsep dan cara mengaitkannya dengan kehidupan nyata. Implementasi JAS di sekolah perlu dikaji dengan mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan JAS. Hal inilah yang menjadi tujuan peneliti ini. Penelitian difokuskan pada pelaksanaan desain pembelajaran dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada materi Jamur di kelas X SMA Negeri 1 Semarang khususnya pada keterlaksanaan unsur eksplorasi, Bioedutainment, konstruktivisme, dan asesmen alternatif. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan siswa, guru kelas dan guru non kelas (tidak melaksanakan pembelajaran) sebagai respondennya. Persepsi guru dan siswa diungkap melalui wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan triangulasi terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menyebutkan bahwa unsur eksplorasi, Bioedutanment, dan konstruktivisme sudah dilaksanakan dalam pembelajaran materi Jamur dengan pendekatan JAS di SMA N 1 Semarang. Pelaksanaannya juga telah menggunakan asesmen alternatif. Tidak ditemukan kejanggalan dalam triangulasi yang dilakukan. Data yang di bandingkan saling mendukung dan memperkuat. Disimpulkan bahwa menurut ketiga responden (siswa, guru kelas, dan guru non-kelas) unsur eksplorasi, konstruktivisme, bioeduttainment, dan asesmen alternatif sudah ada dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan JAS di SMA Negeri 1 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: JAS, Kualitatif, SMA N 1 Semarang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2011 03:24
Last Modified: 25 Apr 2015 05:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3865

Actions (login required)

View Item View Item