EMOSI NEGATIF TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SILAM KARYA RISA SARASWATI: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA


Ovillia Putri Hastiti , 2111415003 (2020) EMOSI NEGATIF TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SILAM KARYA RISA SARASWATI: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2111415003.pdf] PDF - Published Version
Download (610kB)

Abstract

Emosi sangat penting bagi manusia karena pada dasarnya emosi adalah dorongan untuk bertindak. Salah satu novel yang memiliki permasalahantentang emosiadalah novel Silam karya Risa Saraswati.Permasalahan emosi dalam novel Silam dapat dikaji dengan psikologi sastra. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penyebab emosi negatif dan bagaimana emosi negatif tokoh utamadalam novel Silam. Tujuan penelitian ini untuk meneliti emosi negatif tokoh Baskara dalam novel Silam karya Risa Saraswati. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.Sasaran penelitian, yaituemosi negatif tokoh utama Baskara.Data dan sumber data penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat, atau paragraf dalam novel Silam, buku-buku dan jurnal yang berkait dengan penelitian.Adapun Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakanteknikbaca, catatdan kepustakaan.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah penyebab emosi negatif dan bentuk emosi negatif tokoh utama novel. Terdapat dua faktor penyebab emosi negatif, yaitufaktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal penyebab terjadinya emosi negatif yang dialami Baskara berasal dari pikiran Baskara terhadap rumah, perasaan Baskara terhadap teman, dan perasaan Baskara terhadap paman. Sedangkan, faktor eksternaldari keluarga yang ditunjukkan oleh sikap Ibu dan paman Baskara, teman sekolah, dan tokoh lain yang terhubung dengan Baskara.Emosi negatif tokoh utama dalam novel berupa emosi sedih, cemas, takut, depresi, dan marah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: emosi negatif, novel Silam, psikologi sastra
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 00:21
Last Modified: 02 Sep 2020 00:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38648

Actions (login required)

View Item View Item