KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING DAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA BAGAN ALIR BERSTIMULASI GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP


Rossa Ayu Selviana , 2101416088 (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING DAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA BAGAN ALIR BERSTIMULASI GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101416088.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran berbasis teks merupakan implementasi dari Kurikulum 2013. Menulis teks eksplanasi diajarkan pada peserta didik kelas VIII SMP. Keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari hasil dan proses pembelajaran. Untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif, diperlukan sebuah model pembelajaran yang aktif dan inovatif. Dengan adanya model pembelajaran, diharapkan guru dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dan lebih bervariasi supaya peserta didik termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, dilakukan pengujian untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model mind mapping dan model group investigation pada peserta didik kelas VIII SMP. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah keefektifan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model mind mapping dengan media bagan alir berstimulasi gambar pada peserta didik kelas VIII SMP, (2) bagaimanakah keefektifan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model group investigation dengan media bagan alir berstimulasi gambar pada peserta didik kelas VIII SMP, (3) manakah yang lebih efektif antara model mind mapping dan model group investigation dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan media bagan alir berstimulasi gambar pada peserta didik kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design (eksperimen semu). Bentuk quasi eksperimental design dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Cepu dengan sampel kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen 1 yang mendapatkan perlakuan model mind mapping dan kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen 2 yang mendapatkan perlakuan model group investigation. Hasil penelitian menunjukkan (1) model mind mapping efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP. Terdapat perbedaan rata-rata antara pretest dan posttest kelas eksperimen 1, dapat dilihat bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima; (2) model group investigation efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP. Terdapat perbedaan rata-rata antaraviii pretest dan posttest, dapat dilihat bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga sehingga H0 ditolak dan H1 diterima; (3) model mind mapping lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi daripada model group investigation. Terdapat perbedaan rata-rata antara postest kelas eksperimen 1 dengan postest kelas eksperimen 2, dapat dilihat bahwa nilai sig. 0,019 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru mata pelajaran bahasa Indonesia memberikan alternatif model pembelajaran yang inovatif, salah satunya mind mapping dalam pembelajaran menulis teks ekspanasi karena sudah diuji keefektifannya dan terbukti lebih efektif dibandingkan model group investigation. Peserta didik hendaknya memiliki motivasi dan giat berlatih dalam kegiatan menulis teks eksplanasi dengan model pembelajaran yang diterapkan peneliti. Peneliti dalam bidang pendidikan khususnya bahasa dan sastra Indonesia sebaiknya menjadikan penelitian ini sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menulis teks eksplanasi, model mind mapping, model group investigation.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 23:52
Last Modified: 01 Sep 2020 23:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38647

Actions (login required)

View Item View Item