KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL SHOW NOT TELL DAN MODEL SCAFFOLDED WRITING BERBANTUAN MEDIA MOBILE LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP


:Nanik Ernawati, :2101416073 (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL SHOW NOT TELL DAN MODEL SCAFFOLDED WRITING BERBANTUAN MEDIA MOBILE LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101416073.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Keterampilan menyajikan teks eksplanasi secara tertulis merupakan istilah yang digunakan dalam kurikulum 2013 pada keterampilan menulis teks eksplanasi untuk jenjang SMP. Pembelajaran menyajikan teks eksplanasi secara tertulis dilakukan untuk membantu peserta didik menuangkan ide atau gagasan, pikiran, pengalaman, perasaan, dan cara memandang kehidupan. Akan tetapi, pada kenyataannya pembelajaran menyajikan sebuah teks secara tertulis kurang diminati peserta didik dan dijadikan momok yang menakutkan. Peserta didik menganggap bahwa pembelajaran menyajikan sebuah teks khususnya secara tertulis adalah pembelajaran yang sangat membosankan dan melelahkan (Tarigan, 2008, h. 186). Salah satu strategi yang dilakukan agar sebuah proses pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan yaitu dengan memilih model pembelajaran yang tepat. Untuk mengetahui keefektifan model pada pembelajaran menyajikan teks eksplanasi secara tertulis, maka penulis menguji dua model pembelajaran. Model pembelajaran tersebut adalah model show not tell dan model scaffolded writing. Model show not tell merupakan model dengan pola putaran penulisan yang dapat memberikan informasi dalam fase berbagi. Model ini juga akan meminimalisasi kesalahan penulisan. Model scaffolded writing merupakan model pembelajaran yang memberikan keterampilan untuk memecahkan masalah secara mandiri, seperti berdiskusi, praktik langsung, dan memberikan penguatan. Selain menggunakan model pembelajaran juga didukung dengan bantuan media mobile learning bertema gunung meletus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah keefektifan keterampilan menyajikan teks eksplanasi secara tulis dengan model show not tell berbantuan media mobile learning pada peserta didik kelas VIII SMP?, (2) Bagaimanakah keefektifan keterampilan menyajikan teks eksplanasi secara tulis dengan model scaffolded writing berbantuan media mobile learning pada peserta didik kelas VIII SMP?, (3) Bagaimanakah perbedaan keefektifan antara keterampilan menyajikan teks eksplanasi secara tulis dengan model show not tell dan model scaffolded writing berbantuan media mobile learning pada peserta didik kelas VIII SMP?.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan menyajikan teks eksplanasi, show not tell, scaffolded writing, mobile learning
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 23:44
Last Modified: 01 Sep 2020 23:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38645

Actions (login required)

View Item View Item