ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA TEKS EKSPOSISI KARYA SISWA KELAS VIII SMP


Kartika Dewi Lutfianti , 2101416069 (2020) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA TEKS EKSPOSISI KARYA SISWA KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101416069.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional memiliki kaidah ejaan yang harus digunakan oleh penuturnya termasuk siswa. Dalam proses pengajaran bahasa di sekolah tidak terlepas dari kesalahan penggunaan ejaan yang dilakukan oleh siswa, khususnya pada pembelajaran menulis. Dengan demikian, perlu diadakan sebuah penelitian berupa analisis kesalahan penggunaan ejaanterhadap hasil tulisan siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada teks eksposisi karya siswa kelas VIII SMP beserta tahap dan bentuk pembenarannya serta mengetahui penyebab kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada teks eksposisi karya siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia yang muncul pada teks eksposisi karya siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil 60 sumber data yang terdiri atas 20 sumber data kelas VIII SMP N 1 Klambu, 20 sumber data kelas VIII SMP N 2 Klambu, dan 20 sumber data kelas VIII MTs YPI Klambu. Adapun pengambilan data tersebut menggunakan teknik sampling sistematisdengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 688 jumlah kesalahan yang terdiri atas (a) kesalahan penggunaan huruf kapital sejumlah 364 kesalahan dengan presentase 53%, (b)kesalahan penulisan kata turunan sejumlah 78 kesalahan dengan presentase 11%, (c) kesalahan penulisan gabungan kata sejumlah 6 kesalahan dengan presentase 1%, (d) kesalahan penulisan kata depan sejumlah 44 kesalahan dengan presentase 7%, (e) kesalahan penulisan partikel sejumlah 2 kesalahan dengan presentase 0%, (f) kesalahan penulisan kata ganti sejumlah 3 kesalahan dengan presentase 1%, (g) kesalahan penggunaan tanda baca titik sejumlah 111 kesalahan dengan presentase 16%, (h) kesalahan penggunaan tanda baca koma sejumlah 50 kesalahan dengan presentase 7%, dan (i) kesalahan penulisan unsur serapan sejumlah 30 kesalahan dengan presentase 4%. Faktor penyebab kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia meliputi kesalahan penggunaan ejaan yang berkelanjutan, kurangnya penguasaan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI), dan kurangnya contoh penulisan teks yang sesuai Ejaan Bahasa Indonesia (EBI).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, ejaan bahasa Indonesia, teks eksposisi
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 23:39
Last Modified: 01 Sep 2020 23:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38644

Actions (login required)

View Item View Item