PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS CERITA INSPIRATIF BERMUATAN NILAI HUMANIS


A. SAUQI , 2101416008 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS CERITA INSPIRATIF BERMUATAN NILAI HUMANIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101416008.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penggunaan buku dalam praktik pembelajaran difungsikan sebagai sumber belajar peserta didik, hal tersebut dikarenakan buku mempunyai tujuan memberikan pengetahuan terkait materi pembelajaran. Buku teks merupakan kumpulan materi suatu pelajaran, banyaknya materi yang termuat dalam buku tersebut menjadikan sub-sub materi yang diuraikan kurang mendalam. Sebagai upaya menyikapi permasalahan tersebut buku pengayaan mempunyai peranan dalam pencapaian pendidikan nasional. Buku tersebut menjadi salah satu komponen untuk menunjang peningkatan pembelajaran peserta didik. Namun, keberadaan buku pengayaan khususnya buku pengayaan teks cerita inspiratif yang sesuai dengan tingkat keterbacaan peserta didik SMP sangat sulit didapatkan di toko-toko buku hingga perpustakaan sekolah. Berdasarkan permasalahan tersebut teks cerita inspiratif memiliki peluang untuk dimuati muatan humanis dalam buku pengayaan sebagai upaya untuk menjaga karakter bangsa Indonesia yang dikenal dengan karakter keramahtamahannya. Berdasarkam rumusan penelitian ini diantaranya: (1) bagaimana kebutuhan buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai humanis bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP), (2) bagaimana prototipe buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai humanis bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP), (3) bagaimana penilaian oleh ahli mengenai buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai humanis bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP), (4) bagaimana perbaikan buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai humanis bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tujuan penelitian ini adalah: 1) merincikan kebutuhan buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan humanis bagi guru dan peserta didik; 2) menyusun prototipe buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan humanis; 3) menjelaskan penilaian oleh ahli mengenai buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan humanis; dan 4) memperbaikan prototipe buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan humanis. Berdasarkan metode yang digunakan, penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang kemudian disesuai dengan kebutuhan peneliti, terkait prosedur penelitian meliputi, 1) pengumpulan potensi dan masalah, 2) pengumpulan data informasi, 3) desain produk, 4) validasi produk, dan 5) revisi desain. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan pendidik jenjang SMP untuk memperoleh data kebutuhan. Pengumpulan data informasi penelitian menggunakan teknik wawancara, angket studi pustaka, dan angketix validasi ahli. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan data. Berdasarkan kebutuhan peserta didik dan pendidik diperoleh prinsipprinsip pengembangan buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai humanis yaitu, 1) aspek materi/isi buku berisi kumpulan teks cerita inspiratif dengan berbagai tema dan konflik. Dalam kumpulan teks cerita inspiratif tersebut berisi sepuluh nilai-nilai humanis. Adapun pada setiap teks cerita inspiratif disertai dengan ulasan cerita, 2) aspek penyajian materi terdiri atas empat bagian yaitu, pertama kulit buku yang berisi judul, ilustrasi/gambar, nama penulis, tulisan punggung, dan penjelasan buku, kedua bagian pendahuluan berisi halaman judul, halaman prancis, halaman hak cipta, prakata, dan daftar isi, ketiga berisi sebelas teks cerita inspiratif, dan keempat berisi glosarium, indeks, serta biografi penulis, 3) aspek kebahasaan dan keterbacaan menggunakan bahasa yang sesuai untuk peserta didik SMP dan struktur kalimat yang sederhana dan mudah dipahami, 4) aspek grafika terdiri atas enam aspek yaitu, pertama sampul buku abu-abu, pada bagian tengahnya terdapat ilustrasi, pada pojok kanan atas terdapat judul dan sub judul, kedua ukuran buku menggunakan A5 dengan gaya huruf Times New Roman 12pt. Adapun hasil penilaian yang diperoleh sebagai berikut. 1) aspek materi/isi buku sebanyak 93,7, 2) aspek penyajian materi sebanyak 87, 3) aspek bahasa dan keterbacaan sebanyak 81, dan 4) aspek grafika sebanyak 84. Secara garis besar prototipe buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai humanis termasuk dalam kategori sangat bagus. Selain itu, terdapat beberapa saran yang diberikan oleh tim ahli sebagai acuan perbaikan diantaranya, 1) memperbaiki tata letak kalimat, 2) memperbaiki desain backround, 3) penambahan sumber ilustrasi, 4) perbaikan ilustrasi yang digunakan, 5) pemberian nomor halaman, 6) pemerataan gaya huruf yang dipakai, dan 7) memperbaiki diksi kalimat yang digunakan. Ada beberapa perbaikan diantaranya, 1) aspek materi perlunya mempertajam ulasan teks cerita, 2) aspek penyajian yaitu pentingnya penataan layout yang baik, 3) aspek bahasa dan keterbacaan perlunya koreksi ulang mengenai kata-kata dalam buku pengayaan teks cerita inspiratif, dan 4) aspek grafika yaitu perbaikan terhadap ilustrasi sampul buku. Terkait temuan tersebut, peneliti merekomendasikan beberapa saran yaitu pertama buku pengayan teks cerita inspiratif hendaknya direkomendasikan sebagai bahan ajar pendamping pembelajaran pada materi teks cerita inspiratif, kedua perlunya penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai humanis sehingga buku pengayaan teks cerita inspiratif dapat digunakan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan; teks cerita inspiratif; muatan humanis.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 23:34
Last Modified: 01 Sep 2020 23:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38643

Actions (login required)

View Item View Item