PERSONAL HYGIENE TERKAIT MAKANAN SEHAT DAN KEJADIAN PENYAKIT MENULAR PADA BALITA DARI KELUARGA PEMULUNG DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR DEGAYU KOTA PEKALONGAN


NabillaFierdausya Maharani , 1601415092 (2020) PERSONAL HYGIENE TERKAIT MAKANAN SEHAT DAN KEJADIAN PENYAKIT MENULAR PADA BALITA DARI KELUARGA PEMULUNG DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR DEGAYU KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601415092.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengagambarkan personal hygiene terkait makanan sehat dan kejadian penyakit menular pada balita dari keluarga pemulung di TPA Degayu Kota pekalongan dan menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi personal hygiene terkait makanan sehat dan kejadian penyakit menular pada balita dari keluarga pemulung di TPA Degayu Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan teknik pengumpulan data (dokumen).Informan utama dalam penelitian ini adalah 3 orangtua yang memiliki balita, dan informan triangulasi 1 ketua TPA Degayu, 1 tenaga medis Puskesmas Krapyak Kidul, 1 kader posyandu. Teknik analisis data menggunakan teori dari Milles and Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini yaitu keluarga pemulung TPA Degayu sudah mengetahui personal hygiene dan setiap harinya menyajikan makanan sehat yang menggandung gizi untuk keluarganya terutama kepada anak, dengan memperhatikan personal hygiene saat melakukan penyajian makanan, akan tetapi masih ada warga dilingkungan sekitar TPA Degayu yang tidak menjaga kebersihan dirinya dengan baik serta lingkungan tempat tinggal yang kurang mendapat perhatian dari aspek kebersihan. Sehingga mengakibatkan terjadinya penyakit menular seperti penyakit diare dan penyakit ISPA. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi dalam melakukan personal hygiene meliputi pengetahuan, sikap, praktik penarapan, kebiasan individu, dan lingkungan fisik tempat tinggal. Bagi orangtua yang memiliki balita harus lebih memperhatikan personal hygiene dan makanan sehat terutama lingkungan fisik tempat tinggal untuk mencegah penyakit menular.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Personal Hygiene, Makanan sehat, Penyakit menular, Balita
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 23:28
Last Modified: 01 Sep 2020 23:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38642

Actions (login required)

View Item View Item