PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI CHALLENGE BOARD GAME DI TK ISLAM MUTIARA IBUNDA SEMARANG


Ari Khusnul Khotimah , 1601415080 (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI CHALLENGE BOARD GAME DI TK ISLAM MUTIARA IBUNDA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601415080.pdf] PDF - Published Version
Download (763kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Islam Mutiara Ibunda Semarang melalui challenge board game. Challenge board game merupakan modifikasi dari permainan ular tangga yang di desain melalui bantuan komputer, di cetak dengan bahan spanduk (MMT) flexi Jerman dan berukuran 4x4 meter. Cara memainkan challenge board game dengan melewati rintangan antara lain bermain engklek, meloncat gaya katak, menggiring bola sesuai garis, berjalan jinjit, berjalan dengan tumit, meloncat sesuai dengan pola arah gambar kaki, meloncat dan melompat gambar A,B,C,D selanjutnya tangkap lempar memasukkan bola ke dalam keranjang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitiannya menggunakan metode eksperimen serta bentuk desain eksperimen yang peneliti gunakan yaitu one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik TK B pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Mutiara Ibunda Semarang yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan skala peningkatan kemampuan motorik kasar dilakukan uji coba sehingga dapat digunakan dalam penelitian. Teknis analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dan uji hipotesis melalui uji paired sample t-test dan teknik persentase. Semua penghitungan dilakukan dengan menggunakan SPSS IBM 24. Berdasarkan perhitungan stastistik menggunakan paired sample t-test diperoleh t hitung > t tabel (17.486 > 2.045) dan p value < 0.05 (0.000 < 0.05), maka H1 diterima. Perhitungan dengan teknik persentase kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun mengalami kenaikan sebesar 15.74% antara pretest dan posttest. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa terdapat peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun setelah diberikan perlakuan melalui challenge board game. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi ilmu dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak dan bagi guru hendaknya dapat menciptakan permainan yang lebih kreatif dengan memanfaatkan area indoor untuk mengoptimalkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Motorik Kasar, Anak Usia 5-6 Tahun, Challenge Board Game
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 23:21
Last Modified: 01 Sep 2020 23:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38640

Actions (login required)

View Item View Item