PENINGKATAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN MELALUI APLIKASI AUGMENTED REALITYY SEBAGAI UPAYA MITIGASI BENCANA BANJIR DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 46 SEMARANG


Lestari Handayani , 1601415042 (2020) PENINGKATAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN MELALUI APLIKASI AUGMENTED REALITYY SEBAGAI UPAYA MITIGASI BENCANA BANJIR DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 46 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601415042.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan perilaku peduli lingkungan pada anak usia dini sebelum dan setelah menggunakan media media pembelajaran augmented reality peduli lingkungan anak usia 5-6 tahun di Kelurahan Mangkang Wetan, Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 46 Semarang dengan menggunakan metode kuntitatif eksperimen menggunakan pre eksperimental design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa dengan rentang usia 4-6 tahun. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling, dimana kriteria penentuan sampelnya adalah anak yang belum memahami tentang perilaku peduli lingkungan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 34 anak usia 5-6 tahun. Data yang diperoleh peneliti diolah dengan aplikasi SPSS versi 22.0 for windows. Penliti mengumpulkan dokumentasi kegiatan berupa foto sebagai data pendukung. Hasil olah data diperoleh melalui perhitungan statistik melalui uji paired sampel t-test dan uji N-Gain score untuk mengetahui keefektifan media yang digunakan saat penelitian. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai thitung -45,183 dengan nila sig (2-tailed) < 0,05 dan N-Gain score sebesar 53,77. Hasil perhitungan hipotesis dapat diterima jika nilai thitung lebih kecil dari ttabel (thitung < ttabel) dan nilai sig < 0,05 sehingga Ha dapat diterima. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa perilaku peduli lingkungan anak dikatakan meningkat setelah diberikan perlakuan atau treatment. Karena nilai posstest lebih tinggi dibandingkan dengan nilai preetest. Sedangkan efektivitas media pembelajaran augmented reality peduli lingkungan dinilai kurang efektif karena masuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku peduli lingkungan, augmented reality, anak.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 16:52
Last Modified: 01 Sep 2020 16:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38636

Actions (login required)

View Item View Item