PENINGKATAN KREATIVITAS GERAK MELALUI KEGIATAN TARI BERBASIS CERITA (TARITA) PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK AISIYAH CAMPAKOAH KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA


Nufikha Lahi Latifa , 1601414079 (2020) PENINGKATAN KREATIVITAS GERAK MELALUI KEGIATAN TARI BERBASIS CERITA (TARITA) PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK AISIYAH CAMPAKOAH KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601414079.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Kreativitas gerak di TK Aisyiyah Campakoah masih terlihat rendah karena dalam kegiatan menari anak hanya meniru gerakan guru atau bersifat imitatif, anak tidak diberi kesempatan untuk mengembangkan kreativitas geraknya. Peneliti memberikan kegiatan tari berbasis cerita (tarita) untuk meningkatkan kreativitas gerak anak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kegiatan tari berbasis cerita (tarita) dalam peningkatan kreativitas gerak pada anak usia 4-6 tahun di TK Aisiyah Campakoah Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah semua anak berusia 4-6 tahun sebanyak 40 anak di TK Aisiyah Campakoah, Purbalingga. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 anak karena jumlah siswa penelitian sedikit maka semua siswa dijadikan sebagai sampel dengan kategori sangat kurang, kurang, baik, dan sangat baik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen observasi peningkatan kreativitas gerak anak usia 4-6 tahun. Kemudian metode analisis data menggunakan deskriptif dan uji hipotesis dengan uji Paired Sampel t-Test. Diketahui bahwa kreativitas gerak pada anak usia 4-6 tahun setelah diberikan perlakuan yaitu kegiatan tari berbasis cerita (tarita) menjadi meningkat. Data yang diperoleh setelah pretest kategori kurang sebanyak 10 anak dengan presentasi 25,00% dan kategori baik sebanyak 30 anak dengan presentasi 75,00%. Kegiatan posttest dilakukan setelah peneliti melakukan perlakuan (treatment) sebanyak 18 kali. Kategori kurang sebanyak 2 anak dengan presentasi 5,00%, kategori baik sebanyak 27 anak dengan presentasi 67,50% dan kategori sangat baik sebanyak 11 anak dengan presentasi 27,50%. Secara umum peningkatan kreativitas gerak usia 4-6 tahun setelah diberikan perlakuan termasuk dalam kategori baik dengan indeks prestasi sebanyak 67,50%. Diketahui dari hasil uji analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 21.0 dengan uji independent sample t-test, menunjukkan hasil yang signifikan yaitu dengan nilai (sig. 2-tailed) 0,000 pada t hitung t hitung = 11,235 dan t tabel 2,023 maka 11,235 > 2,023. Data tersebut dijabarkan bahwa jika nilai sig < 0,05, maka data menunjukan ada peningkatan secara signifikan, lalu hipotesis (H1) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini, terdapat peningkatan kreativitas gerak melalui kegiatan tari berbasis cerita (tarita) pada anak usia 4-6 tahun di TK Aisyiyah Campakoah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas gerak, Tari berbasis cerita (tarita) usia 4-6 tahun
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 16:30
Last Modified: 01 Sep 2020 16:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38633

Actions (login required)

View Item View Item