VALIDASI PLATFORM RISING-LIFE UNTUK MENINGKATKAN MENTAL HEALTH FIRST AID RETREIVAL KNOWLEDGE PADA SISWA SMA N 12 SEMARANG


Putri Amalia , 1511416105 (2020) VALIDASI PLATFORM RISING-LIFE UNTUK MENINGKATKAN MENTAL HEALTH FIRST AID RETREIVAL KNOWLEDGE PADA SISWA SMA N 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416105.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya mental health first aid retrieval knowledge pada remaja yaitu belum adanya media informasi kesehatan mental yang telah tervalidasi secara empirik dan fungsional untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan mental. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui validitas isi dan fungsional platform Rising Life untuk meningkatkan mental health first aid retrieval knowledge. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi Nonrandomized Pretest-Postest Control Group Design. Subjek penelitian ini merupakan siswa SMA Negeri 12 Semarang yang memiliki kategori mental health first aid retrieval knowledge rendah. Subjek terbagi dalam kelompok eksperimen (10 orang) dan kelompok kontrol (10 orang). Penelitian ini menggunakan instrumen mental health fist aid retrieval knowledge test. Penelitian validasi dilakukan melalui uji validitas isi dan validitas fungsional. Validitas isi diperoleh menggunakan teknik Aiken’s V. Hasil validitas isi menunjukkan kisaran antara 0,75 hingga 0,86 yang berarti bahwa platform Rising Life memiliki validitas isi yang berkisar antara kategori sedang hingga sangat valid. Validitas fungsional diperoleh melalui uji empirik dengan metode eksperimen. Data penelitian diolah menggunakan teknik Wilcoxon Rank Test dan Mann Whitney U Test dengan bantuan software pengolahan data. Hasil uji validitas fungsional menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen, dengan hasil uji beda sebesar -2,807 dan taraf signifikansi 0,005 (p<0,05). Selain itu, skor posttest pada kelompok eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelompok kontrol, dengan hasil uji beda sebesar -3,797 dan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa platform Rising Life valid untuk meningkatkan mental health first aid retrieval knowledge pada siswa SMA Negeri 12 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mental health first aid, retreival knowledge, platform Rising Life
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 16:21
Last Modified: 01 Sep 2020 16:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38632

Actions (login required)

View Item View Item