KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI ENERGI BAGI SISWA KELAS III SDN BLUBUK 03 KECAMATAN DUKUHWARU TEGAL


Eva Ismatul Janah , 1401416471 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI ENERGI BAGI SISWA KELAS III SDN BLUBUK 03 KECAMATAN DUKUHWARU TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416471.pdf] PDF - Published Version
Download (866kB)

Abstract

Dalam pembelajaran di sekolah dasar masih rendahnya motivasi siswa dalam melaksanakan pembelajaran, hal ini juga dikarenakan kurangnya media dan sarana prasarana pembelajaran yang kurang memadai. Hal ini akan memberi pengaruh pada hasil belajar siswa yang terjadi. Hasil belajar adalah hasil dari capaian siswa dalam jarak waktu tertentu. Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran terutama pada pelajaran IPA adalah guru masih kurang inovatif dalam menggunakan media ataupun model pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran IPA. Dengan model Group Investigation akan lebih menarik perhatian dan motivasi siswa, karena perhatian inilah yang penting dalam proses belajar, sehingga dengan perhatian akan timbul rangsangan belajar dan menghasilkan hasil belajar yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model Group Investigation ditinjau dari motivasi dan hasil belajar materi energi antara kelas yang menggunakan model Group Investigation dengan yang menggunakan model konvensional di kelas III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis motivasi belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (2,120 > 2,074), sehingga H0 ditolak. Perhitungan motivasi yang lebih tinggi menggunakan rumus empiris menunjukkan bahwa selisih nilai rata-rata pada kelas eksperimen > kelas kontrol (17,75 > 15,83). Perhitungan uji keefektifan motivasi belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (3,394 > 2,201), sehingga H0 ditolak. Uji hipotesis hasil belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (2,226 > 2,074), sehingga H0 ditolak. Perhitungan hasil belajar yang lebih tinggi menggunakan rumus empiris menunjukkan bahwa selisih nilai rata-rata pada kelas eksperimen > kelas kontrol (77,08> 68,33). Perhitungan uji keefektifan hasil belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (3,070 > 2,201), sehingga H0 ditolak. Simpulan penelitian skripsi ini adalah penerapan model Group Investigation terbukti efektif ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa daripada model konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Model Group Invetigation ; Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 14:48
Last Modified: 01 Sep 2020 14:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38623

Actions (login required)

View Item View Item