ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA LKS KELAS IV SEKOLAH DASAR KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL
Eva Pratiwi Pangestika , 1401416466 (2020) ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA LKS KELAS IV SEKOLAH DASAR KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Download (2MB) |
Abstract
Penilaian Autentik merupakan penilaian pada Kurikulum 2013 yang mencakup 3 ranah belajar (afektif, kognitif, dan psikomotor). Guru kelas IV di SD Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal pada saat proses pembelajaran menggunakan penilaian autentik tanpa melalui analisis instrumen, sehingga belum diketahui kualitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kualitas instrumen penilaian autentik dalam LKS kelas IV tema 4 yang digunakan beberapa SD di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah instrumen-instrumen penilaian autentik yang terdapat pada LKS kelas IV tema 4. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis instrumen penilaian ranah kognitif dilakukan dengan cara menyesuaikan aspek materi, konstruksi, dan bahasa, serta distribusi jenjang ranah kognitif, sedangkan analisis instrumen penilaian ranah afektif dan psikomotor dilakukan dengan menyesuaikan kriteria penulisan instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen penilaian ranah afektif dalam LKS kelas IV tema 4, ditinjau dari kriteria penelitian instrumen memiliki validitas isi berkategori sangat tinggi (2) Instrumen penilaian ranah kognitif ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa memiliki validitas isi berkategori sangat tinggi. Distribusi jenjang ranah kognitif pada soal latihan dalam LKS tema 4 tidak merata, dibuktikan dengan beberapa latihan soal tidak memuat aspek menerapkan (C3) yaitu pada latihan pembelajaran subtema 2, dan semua soal pilihan ganda di setiap subtema 1, 2, 3. (3) Instrumen penilaian ranah psikomotor bentuk proyek dalam LKS tersebut, ditinjau dari kriteria penelitian instrumen memiliki validitas isi berkategori sangat tinggi, sedangkan instrumen penilaian ranah psikomotor bentuk kinerja dan produk memiliki validitas isi kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian autentik dalam LKS kelas IV tema 4 tentang Berbagai Pekerjaan pada ranah kognitif dan afektif memiliki kualitas yang baik. Ditinjau dari ranah psikomotor bentuk proyek memiliki kualitas yang baik dan penilaian bentuk kinerja dan produk memiliki kualitas tidak baik. Disarankan bagi guru, hendaknya melakukan analisis instrumen-instrumen pada buku ajar sebelum instrumen tersebut digunakan dan bagi pihak sekolah, hendaknya mengadakan sosialisasi tentang teknik penyusunan instrumen penilaian yang baik, sehingga guru memiliki bekal pengetahuan untuk melakukan kegiatan analisis instrumen dengan baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis instrumen, kurikulum 2013, penilaian autentik |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 14:43 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 14:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38622 |
Actions (login required)
View Item |