PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS HASANUDIN KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL


Laela Fauziyah , 1401416463 (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS HASANUDIN KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416463.pdf] PDF - Published Version
Download (8MB)

Abstract

Hasil belajar Matematika adalah perubahan tingkah laku berupa kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan simbol dan angka melalui kegiatan bernalar siswa yang diperoleh setelah mendapatkan pengalaman dalam belajar. Hasil belajar yang diperoleh siswa dalam mata pelajaran Matematika selain dipengaruhi oleh kecerdasan emosi juga dipengaruhi oleh adanya motivasi belajar. Kecerdasan emosi merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengendalikan, mengelola, dan memotivasi dirinya untuk mecapai suatu keberhasilan, serta kemampuan membina hubungan dengan lingkungan sekitar. Motivasi belajar merupakan dorongan untuk melakukan tindakan guna mencapai tujuan yang diinginkan melalui usaha-usaha tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsi pengaruh kecerdasan emosi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD seGugus Hasanudin Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal yang berjumlah 179 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate Random Sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 124 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara tidak terstruktur dan angket atau kuesioner. Uji prasyarat yang digunakan, yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Uji analisis akhir yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana, korelasi sederhana, regresi berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosi terhadap hasil belajar Matematika dengan kontribusi pengaruh sebesar 13,6 %. Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika dengan kontribusi sebesar 5,3 %. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar Matematika sebesar 13,6 %. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel yaitu 9,499 > 3,071 dan nilai kontribusi pengaruh sebesar 13,6 %. Jika nilai kecerdasan emosi dan motivasi belajar meningkat, maka hasil belajar dapat meningkat. Guru dan pihak sekolah disarankan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dengan memerhatikan kecerdasan emosi yang dimiliki siswa, sehingga motivasi belajar siswa dapat tumbuh melalui pembiasaan yang dilakukan dalam pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosi, hasil belajar Matematika, motivasi belajar,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 14:39
Last Modified: 01 Sep 2020 14:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38621

Actions (login required)

View Item View Item