KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH BERBASIS TEORI DIENES TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN DUKUHMALANG 01 KABUPATEN TEGAL


Agil Waskito , 1401416402 (2020) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH BERBASIS TEORI DIENES TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN DUKUHMALANG 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416402.pdf] PDF - Published Version
Download (13MB)

Abstract

Pada suatu proses pembelajaran, berhasil atau kurang berhasilnya proses pembelajaran di tentukan oleh beberapa faktor. Pendidik yang kurang inovatif merupakan salah satu penyebab kurang berhasilnya proses pembelajaran matematika, terlebih matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit bagi peserta didik karena menampilkan konsep-konsep abstrak. Mayoritas pendidik lebih terampil menerapkan pembelajaran konvensional yang berdampak pada pasifnya peserta didik terhadap pembelajaran matematika. Hal ini berakibat pada rendahnya minat dan hasil belajar. Dengan demikian, dibutuhkan adanya pembaharuan dalam pembelajaran matematika. Salah satunya dengan menerapkan pembelajaran pendekatan pemecahan masalah berbasis teori Dienes. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan pembelajaran pendekatan pemecahan masalah berbasis teori Dienes dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain quasi experimental bentuk nonequivalent kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 59 peserta didik kelas V SDN Dukuhmalang 01 Kabupaten Tegal, yang terdiri dari 29 peserta didik kelas VA dan 30 peserta didik kelas VB. Seluruh populasi dijadikan sebagai anggota sampel karena penulis menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, angket, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis akhir atau pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis pertama (uji perbedaan) data minat belajar menggunakan Independent Sample T Test menunjukkan bahwa nilai thitung> tTabel (2,427 > 2,002) dan pada hasil belajar diperoleh thitung> tTabel (5,194 > 2,002). Hal ini berarti terdapat perbedaan antara minat dan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran pendekatan pemecahan masalah berbasis teori Dienes dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis kedua (uji keefektifan) data minat belajar menggunakan One Sample T Test diperoleh thitung> tTabel (3,308 > 2,048) dan pada hasil belajar diperoleh thitung> tTabel (6,744 > 2,048). Melalui penghitungan tersebut, dapat diketahui bahwa minat dan hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran pendekatan pemecahan masalah berbasis teori Dienes lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendekatan pemecahan masalah berbasis teori Dienes efektif terhadap peningkatan minat dan hasil belajar matematika kelas V SDN Dukuhmalang 01 pada pembelajaran matematika materi interpretasi data.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; minat belajar; pendekatan pemecahan masalah berbasis teori Dienes.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 14:28
Last Modified: 01 Sep 2020 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38619

Actions (login required)

View Item View Item