PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN DABIN 1 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL


Resta Rahma Sari , 1401416387 (2020) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN DABIN 1 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416387.pdf] PDF - Published Version
Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan pencapaian yang diperoleh siswa setelah mengalami kegiatan belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu kepercayaan diri dan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kepercayaan diri dan minat belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN Dabin 1 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionated Stratified Random Sampling dengan sampel sebanyak 177 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket tertutup, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi sederhana, regresi ganda, koefisien determinan, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepercayaan diri terhadap hasil belajar PPKn yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (6,697 > 1,974) dengan pengaruh sebesar 20,4%, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar PPKn yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (5,422 > 1,974) dengan pengaruh sebesar 14,4%, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepercayaan diri dan minat belajar terhadap hasil belajar PPKn yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (31,113 > 3,048) dengan pengaruh sebesar 26,3%. Simpulannya yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dan minat belajar terhadap hasil belajar PPKn. guru diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri melalui pembiasaan, dan meningkatkan minat belajar melalui pembelajaran bervariasi agar mendapatkan hasil belajar yang optimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PPKn, Kepercayaan Diri, Minat Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 14:15
Last Modified: 01 Sep 2020 14:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38617

Actions (login required)

View Item View Item