PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SDN GISIKDRONO 03 KOTA SEMARANG


Rifky Ericko Saputra , 1401416384 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SDN GISIKDRONO 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416384.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya media pembelajaran IPA yang inovatif. Hal tersebut berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Sehingga peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengkaji kelayakan, dan mengkaji keefektifan media pembelajaran IPA Scrapbook materi sistem pencernaan manusia kelas V SDN Gisikdrono 03 Kota Semarang. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) dengan menggunakan model adaptasi dari Sugiyono yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gisikdrono 03 Kota Semarang. Uji coba skala besar dilakukan di kelas VA dengan jumlah 26 siswa dan uji coba skala kecil dilakukan di kelas VB dimana 9 siswa dipilih menggunakan purposive sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan kelayakan produk, analisis data awal dan akhir (uji t dan uji N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memuat materi dan kegiatan yang menanamkan pemahaman konsep pada materi sistem pencernaan manusia. Media pembelajaran IPA layak digunakan terbukti dari penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi didapatkan persentase 93%, 90%, dan 95%. Media pembelajaran IPA Scrapbook efektif digunakan sesuai dengan hasil uji-t menunjukkan t hitung > t tabel (12,4956>2,060), maka Ho ditolak dan uji gain pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,6566 dengan kriteria sedang menyatakan keefektifan media pembelajaran. Hasil persentase angket tanggapan guru dan siswa menunjukkan kategori sangat positif membuat media pembelajaran efektif dalam penggunanya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh media pembelajaran IPA Scrapbook materi sistem pencernaan manusia kelas V SDN Gisikdrono 03 kota Semarang yang dikembangkan memuat pemahaman dan mengingat materi melalui nilai Scrapbook. Media pembelajaran ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media, IPA, scrapbook.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 14:09
Last Modified: 01 Sep 2020 14:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38616

Actions (login required)

View Item View Item