PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA KELAS IV SDN SE-GUGUS JENDRAL SOEDIRMAN KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL


Maulida Fitri , 1401416373 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA KELAS IV SDN SE-GUGUS JENDRAL SOEDIRMAN KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416373.pdf] PDF - Published Version
Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan indikator mengetahui keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Beberapa faktor yang memengaruhi diantaranya kompetensi pedagogik dan motivasi belajar. Kompetensi pedagogik akan berpengaruh pada hasil belajar siswa, begitu pula motivasi belajar yang tepat akan memengaruhi hasil belajar seni rupa. Fakta empiris menujukkan hasil belajar seni rupa siswa belum memuaskan. Guru belum menguasai kompetensi pedagogik mengajar seni rupa dan motivasi belum optimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar seni rupa siswa kelas IV SDN se-Gugus Jendral Soedirman Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Penelitian menggunakan metode ex post facto.Teknik sampling yaitu simple random sampling. Instrumen yaitu wawancara, dokumen Penilaian Akhir Semester (PAS) seni rupa, serta angket. Analisis deskriptif menggunakan konversi skala-5 dan nilai indeks. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Uji hipotesis yaitu analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi ganda, regresi berganda, uji F, uji determinasi, dan uji autokorelasi. Hasil penelitian yaitu (1) Ada pengaruh antara kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar seni rupa sebesar 24,6% dengan hubungan sedang (0,493); (2) Ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar seni rupa sebesar 23,5% dengan hubungan sedang (0,454); (3) Ada pengaruh antara kompetensi pedagogik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar seni rupa sebesar 32% dengan hubungan sedang (0,565); (4) Ada hubungan antara X₁ dengan X₂ sebesar 0,506 dan 1 (hubungan erat). Saran penelitian yaitu (1) Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru perlu ditingkatkan, agar pembelajaran dan hasil belajar dapat tercapai secara maksimal; (2) Motivasi belajar siswa perlu ditingkatkan, baik dari dalam diri diri siswa dan dari luar siswa, agar pembelajaran dan hasil belajar dapat tercapai secara maksimal; (3) Pihak sekolah perlu mengupayakan menambah variasi dan jumlah sarana pendukung pembelajaran, untuk mendukung guru dalam mengajar. Diharapkan dengan semakin lengkapnya sarana pendukung, motivasi belajar siswa akan besar sehingga pembelajaran berlangsung dengan menarik dan efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil BelajarSeni Rupa, Kompetensi Pedagogik, Motivasi Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 12:43
Last Modified: 01 Sep 2020 12:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38614

Actions (login required)

View Item View Item