PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS RADEN SALEH KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL


Devinsa Rona Sabdalinta , 1401416369 (2020) PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS RADEN SALEH KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416369.pdf] PDF - Published Version
Download (6MB)

Abstract

Anak yang berhasil dalam belajar merupakan anak yang berhasil dalam mecapai tujuan-tujuan pembelajaran. Untuk mengetahui hasil belajar siswa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dapat diketahui melalui evaluasi. Hasil belajar PPKn merupakan kumpulan hasil yang didapat siswa dalam mengikuti proses belajar muatan PPKn, baik dalam bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN se-Gugus Raden Saleh Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal menunjukkan sebanyak 37,70% siswa belum tuntas dalam memenuhi KKM. Rendahnya hasil belajar PPKn dipengaruhi oleh beberapa faktor, dua diantaranya adalah kebiasaan membaca dan pemanfaatan sumber belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kebiasaan membaca dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar PPKn pada siswa kelas V SDN se-Gugus Raden Saleh Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN se-Gugus Raden Saleh Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal sebanyak 261 siswa dengan jumlah sampel penelitian 158 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda (R), koefisien determinan (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kebiasaan membaca terhadap hasil belajar PPKn yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (6,238 > 1,976) dengan pengaruh sebesar 20%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar PPKn yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (8,623 > 1,976) dengan pengaruh sebesar 32,3%; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kebiasaan membaca dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar PPKn yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (52,890 > 3,056) dengan pengaruh sebesar 40,6%. Disimpulkan bahwa kebiasaan membaca dan pemanfaatan sumber belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN se-Gugus Raden Saleh Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kebiasaan membaca, pemanfaatan sumber belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 12:34
Last Modified: 01 Sep 2020 12:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38613

Actions (login required)

View Item View Item