ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK DALAM BUKU REFERENSI PENDALAMAN MATERI KELAS V TEMA 6 EDISI REVISI 2017


Vira Amelia Rizki , 1401416364 (2020) ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK DALAM BUKU REFERENSI PENDALAMAN MATERI KELAS V TEMA 6 EDISI REVISI 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416364.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SD Gugus 1 dan Gugus 4 Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, menunjukan bahwa terdapat 11 SD yang menggunakan instrumen penilaian autentik yang terdapat dalam Buku Referensi Pendalaman Materi. Instrumen tersebut belum diketahui kualitasnya, dan guru belum melakukan analisis pada instrumen yang terdapat pada buku tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kualitas instrumen penilaian autentik dalam Buku Referensi Pendalaman Materi kelas V tema 6. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian autentik yang terdapat pada Buku Referensi Pendalaman Materi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan guru kelas V dan observasi pada instrumen penilaian autentik pada Buku Referensi Pendalaman Materi. Analisis yang dilakukan pada instrumen penilaian ranah kognitif yaitu dengan menyesuaikan aspek materi, konstruksi, dan bahasa, serta distribusi jenjang ranah kognitif taksonomi Bloom. Analisis yang dilakukan pada instrumen penilaian ranah afektif dan psikomotor yaitu dengan menyesuaikan instrumen penilaian dengan kriteria penulisan instrumen menurut Kunandar serta analisi distribusi jenjang ranah afektif taksonomi Bloom, dan distribusi jenjang ranah afektif taksonomi versi Dave. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen penilaian ranah kognitif dalam bentuk soal pilihan ganda dan uraian ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa berkategori sangat tinggi. Distribusi jenjang ranah kognitif tidak merata. (2) Instrumen penilaian ranah afektif, ditinjau dari kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi berkategori sangat tinggi. Distribusi jenjang ranah afektif bentuk penilaian diri pada buku tersebut tidak merata. (3) Instrumen penilaian ranah psikomotor, ditinjau dari kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi berkategori sangat rendah, sedangkan bentuk penilaian kinerja memiliki kategori sangat tinggi. Distribusi jenjang ranah psikomotor taksonomi versi Dave pada buku tersebut tidak merata. Simpulan penelitian ini bahwa instrumen penilaian autentik dalam Buku Referensi Pendalaman Materi kelas V tema 6 pada ranah kognitif dan afektif memiliki kualitas yang baik, sedangkan pada ranah psikomotor memiliki kualitas yang kurang baik. Saran dari penulis hendaknya guru melakukan analisis instrumen terlebih dahulu sebelum menggunakan instrumen penilaian autentik yang terdapat pada buku ajar, serta bagi pihak sekolah untuk lebih selektif dalam menentukan buku ajar yang digunakan dan bagi penerbit untuk lebih memerhatikan kualitas instrumen penilaian autentik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis instrumen, penilaian autentik.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 12:28
Last Modified: 01 Sep 2020 12:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38612

Actions (login required)

View Item View Item