KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI TEGALWANGI 01


Isah Setyo Rini , 1401416322 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI TEGALWANGI 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416322.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran Bahasa Jawa adalah guru masih kurang inovatif menggunakan media pembelajaran, siswa bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran Bahasa Jawa. Media pembelajaran Prezi berbentuk presentasi mempunyai program ZUI (Zooming User Interface) yaitu kelebihan memperkecil dan memperbesar tampilan, membuat siswa tertarik dengan media tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan media Prezi ditinjau dari minat dan hasil belajar Bahasa Jawa antara kelas yang menggunakan media Prezi dengan yang tidak menggunakan media Prezi materi aksara Jawa nglegena dan aksara pasangan kelas V. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Tegalwangi 01 tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 46 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VA dan VB. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol, uji coba instrumen dilakukan di kelas V SD Negeri Talang 01. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis dilakukan menggunakan Independent Samples T Test dan One Sample T Test. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis perbedaan minat belajar menggunakan Independent Samples T Test menunjukkan thitung > ttabel (5,446 > 2,015), sedangkan uji keefektifan terhadap minat belajar menggunakan One Sample T Test menunjukkan thitung > ttabel (5,170 > 1,714). Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar menggunakan Independent Samples T Test menunjukkan thitung > ttabel (3,257 > 2,015), sedangkan uji keefektifan terhadap hasil belajar menggunakan One Sampe T Test menujukkan nilai thitung > ttabel (5,874 > 1,714). Disimpulkan bahwa media Prezi efektif terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Jawa materi aksara Jawa nglegena dan aksara pasangan pada siswa kelas V. Adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa melalui penggunaan media Prezi berbentuk presentasi, disarankan agar laptop dan LCD yang sudah tersedia di sekolah dapat dimanfaatkan dengan baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Prezi, dan Minat Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 12:19
Last Modified: 01 Sep 2020 12:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38610

Actions (login required)

View Item View Item