KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA DISPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS KH.SAMANHUDI KENDAL


Rafika Damayanti , 1401416320 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA DISPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS KH.SAMANHUDI KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416320.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia disebabkan oleh hasil belajar siswa di beberapa mata pelajaran tergolong rendah, salah satunya adalah mata pelajaran IPS. Hal tersebut didukung oleh data hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus KH. Samanhudi Kendal tergolong rendah. Salah satunya penyebabnya adalah guru belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan regulasi pendidikan. Guru sering menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru. Oleh karena itu, pembelajaran menjadi pasif, kurang menyenangkan, serta kurang memotivasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model Pembelajaran Mind Mapping berbantuan Media Display terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N Gugus KH.Samanhudi Kendal. Penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif dan Jenis penelitian quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD N Sendangdawuhan 02 sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen, kelas IV SD N Bulak 02 sebanyak 28 siswa. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk menguji perbedaan rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil perhitungan menggunakan Independent Sample T-Test menujukan jika nilai (2-tailed) < 0,05 ,karena hasil penelitian menunjukan bahwa kolom (2- tailed) yaitu sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0.05. Hasil perhitungan Nilai n-gain kelas control termasuk dalam kriteria tidak efektif sedangkan kelas eksperimen termasuk dalam kriteria sedang yang berarti lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Simpulannya bahwa model pembelajaran Mind Mapping efektif digunakan pada pembelajaran IPS pada materi Keanekaragaman di Negeriku,terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, serta model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media display berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD. Saran guru dan siswa diharapkan untuk menerapkan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media display dalam pembelajaran di kelas dan untuk model mencatat sehari-hari agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga mutu sekolah dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: display; hasil belajar; IPS; keefektifan; mind mapping
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 12:16
Last Modified: 01 Sep 2020 12:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38609

Actions (login required)

View Item View Item