HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS KRISNA KECAMATAN SELOPAMPANG TEMANGGUNG


Rifma Dea Putri Rochima , 1401416317 (2020) HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS KRISNA KECAMATAN SELOPAMPANG TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416317.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar peserta didik menjadi salah satu penentu keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Kecerdasan sosial dan kemampuan komunikasi menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dengan guru kelas IV di SDN Gugus Krisna diketahui bahwa kecerdasan sosial dan kemampuan komunikasi siswa masih rendah, selain itu hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah ditandai dengan adanya siswa yang belum tuntas KKM. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan antara kecerdasan sosial dengan hasil belajar IPS, (2) menguji hubungan antara kemampuan komunikasi dengan hasil belajar IPS, (3) menguji hubungan antara kecerdasan sosial dan kemampuan komunikasi dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Dengan variabel penelitian yaitu kecerdasan sosial, kemampuan komunikasi dan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Krisna yang berjumlah 144. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling Non Probalibility Sampling yang berupa sampel jenuh. Jumlah sampel penelitian 114 siswa. 30 siswa digunakan untuk sampel uji coba penelitian. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan sosial dengan hasil belajar IPS sebesar 55,9%; diperoleh hasil thitung = 11,904 dengan nilai sig = 0,00 < 0,05; (2) ada hubungan yang signifikan antara kemampuan komunikasi dengan hasil belajar IPS sebesar 61,2%; diperoleh hasil thitung = 13,285 dengan nilai sig = 0,00 < 0,05; serta (3) ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan sosial dan kemampuan komunikasi dengan hasil belajar IPS sebesar 69%; diperoleh hasil Fhitung = 123,730 dengan nilai sig = 0,00 < 0,05. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkam bahwa ada hubungan kecerdasan sosial dan kemampuan komunikasi dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Krisna Kecamatan Selopampang Temanggung. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya dapat meningkatkan kecerdasan sosial dan kemampuan komunikasi siswa dan guru dapat bekerjasama dengan wali siswa untuk memantau proses belajar siswa saat di rumah, sehingga kecerdasan sosial dan kemampuan komunikasi siswa menjadi baik dan dapat memperoleh hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan sosial, kemampuan komunikasi, hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 12:10
Last Modified: 01 Sep 2020 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38608

Actions (login required)

View Item View Item