PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL


Ayu Kristiyaningsih , 1401416292 (2020) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416292.pdf] PDF - Published Version
Download (8MB)

Abstract

Memasuki abad ke 21, keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu keterampilan belajar yang harus dimiliki oleh siswa agar dapat mengambil keputusan secara tepat dan terampil dalam memecahkan masalah. Keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD di Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal belum optimal dan antara siswa yang satu dengan yang lain terdapat perbedaan. Perbedaan tersebut dikarenakan adanya faktor yang memengaruhi, yaitu efikasi diri dan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh efikasi diri dan kecerdasan emosional terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal sebanyak 298 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling dengan jenis Proportionated Stratified Random Sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 177 siswa dengan taraf kesalahan 5%. Instrumen yang digunakan berupa angket efikasi diri dan kecerdasan emosional, serta tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan efikasi diri terhadap keterampilan berpikir kritis yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (4,668>1,974) dengan pengaruh sebesar 11,1%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap keterampilan berpikir kritis yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (4,918>1,974) dengan pengaruh sebesar 12,1%; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan efikasi diri dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap keterampilan berpikir kritis yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel (12,118>3,048) dengan pengaruh sebesar 12,2%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa efikasi diri dan kecerdasan emosional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan ilmu dalam proses pembelajaran. Disarankan bagi guru dan sekolah, hendaknya dapat mengoptimalkan keterampilan berpikir kritis dengan cara meningkatkan efikasi diri dan kecerdasan emosional, karena terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, kecerdasan emosional, keterampilan berpikir kritis
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 11:59
Last Modified: 01 Sep 2020 11:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38606

Actions (login required)

View Item View Item