ANALISIS PEMBELAJARAN SBdP SENI RUPA DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SDN 1 NGAMPELKULON KABUPATEN KENDAL


Kurnia Iga Marystyana , 1401416289 (2020) ANALISIS PEMBELAJARAN SBdP SENI RUPA DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SDN 1 NGAMPELKULON KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416289.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran SBdP seni rupa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan dan digunakan sebagai wadah pengembangan kreativitas yang dimiliki peserta didik. Pendidik diharapkan dapat mengembangkan kreativitas peserta didik, makadari itu pendidik juga harus berpikiran kreatif pula dalam mengembangkan pembelajaran yang ada. Sangat penting bagi pendidik dapat menguasai kelas, untuk itulah kreativitas pendidik sangat diperlukan saat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran SBdP seni rupa di SDN 1 Ngampelkulon dalam pengembangan kreativitas peserta didik; (2) menganalisis hambatan dalam pembelajaran; (3) mendeskripsikan tindak lanjut yang diberikan oleh pendidik sebagai upaya mengatasi hambatan yang ada dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan cara pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan hal-hal sebagai berikut. (1) Pelaksanaan pembelajaran SBdP seni rupa dilaksanakan secara kondisional dengan menanamkan pendidikan karakter dalam pembelajaran, penggunaan pola pembelajaransesuai dengan rancangan pembelajaran, penugasan disesuaikan dengan materi, pengembangan kreativitas dilakukan dengan memberikan kebebasan berkarya pada peserta didik, dan pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik peserta didik; (2) Hambatan pembelajaran ini diantaranya yaitu pada terbatasnya kemampuan teknik pendidik, pengondisian peserta didik, jadwal pembelajaran, dan Ketidaktersediaan Perlengkapan Pembuatan Karya; (3) Tindak lanjut yang diberikan yaitu pada penguasaan teknik peserta didik menggunakan sumber belajar internet untuk memperdalam materi, pada pengondisian peserta didik yaitu dengan cara menegur dan memberi pertanyaan, pada jadwal pembelajaran dilaksanakan secara kondisional, sementara pada perlengkapan pembuatan pendidik dan peserta didik bekerjasama untuk mempersiapkan perlengkapan membuat karya sebelum pembelajaran. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi informasi dan masukan bagi pendidik dalam hal meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal-hal yang perlu dilakukan pendidik yaitu guru hendaknya mempelajari konsep dan materi pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik. Pendidik juga perlu mempersiapkan perencanaan pembelajaran dengan baik, menggunakan strategi pembelajaran yang tepat dan inovatif, agar siswa lebih aktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis, pembelajaran SBdP seni rupa, pengembangan kreativitas peserta didik.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 11:52
Last Modified: 01 Sep 2020 11:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38605

Actions (login required)

View Item View Item