ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER I MATA PELAJARAN MATEMATIKA TAHUN AJARAN 2019/2020 KELAS IV SD NEGERI se-DABIN PANGGUNG KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL


Mu’alimah Syafitri , 1401416266 (2020) ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER I MATA PELAJARAN MATEMATIKA TAHUN AJARAN 2019/2020 KELAS IV SD NEGERI se-DABIN PANGGUNG KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416266.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Soal PAS I mata pelajaran Matematika kelas IV mayoritas diujikan tanpa melalui analisis butir soal secara kualitatif maupun kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan kualitas dan kuantitas butir soal pilihan ganda dan uraian pada PAS I mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri se-Dabin Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian mixed methods dengan metode deskriptif analisis. Sampel dalam penelitian sebanyak 241 peserta didik. Data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis validitas isi, dan pencocokan jenjang ranah kognitif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan program komputer Anates V4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, soal pilihan ganda dan uraian yang dianalisis secara kualitatif ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa, memiliki validitas isi berkategori “sangat tinggi”. Distribusi jenjang ranah kognitif pilihan ganda terdapat 6 soal mengingat (C1); 7 soal memahami (C2); 2 soal menerapkan (C3), soal uraian terdapat 3 soal memahami (C2); 2 soal menerapkan (C3). Kualitas soal pilihan ganda ditinjau dari aspek validitas, terdapat 5 soal berkategori “signifikan”; 10 soal berkategori “tidak signifikan”, soal uraian terdapat 5 soal berkategori “sangat signifikan”. Aspek reliabilitas soal pilihan ganda koefisiennya sebesar 0,74 dengan kriteria “tinggi”, soal uraian diperoleh koefisien sebesar 0,84 dengan kriteria “tinggi”. Aspek tingkat kesukaran, soal pilihan ganda terdapat 7 soal berkategori “mudah”; 8 soal berkategori “sedang”, dan pada soal uraian terdapat 5 soal berkategori “sedang”. Aspek daya pembeda soal pilihan ganda terdapat 2 soal berkategori “jelek”; 3 soal berkategori “cukup”; 9 soal berkategori “baik”; 1 soal berkategori “baik sekali”; soal uraian terdapat 4 soal berkategori “baik”; 1 soal berkategori “baik sekali”. Aspek efektivitas pengecoh menunjukkan, terdapat 7 soal berkategori “efektif”; 8 soal berkategori “tidak efektif”. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa soal PAS I mata pelajaran Matematika kelas IV tahun ajaran 2019/2020 sudah baik, namun masih ditemukan soal yang perlu diperbaiki, antara lain pada soal pilihan ganda nomor 2, 3, 7, 8, dan 9. Disarankan kepada tim penyusun soal untuk memperbaiki soal tersebut dan melakukan kegiatan analisis butir soal sebelum soal tersebut diujikan kepada peserta didik, agar menghasilkan butir soal yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis butir soal; mata pelajaran Matematika; pilihan ganda; uraian
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 11:43
Last Modified: 01 Sep 2020 11:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38603

Actions (login required)

View Item View Item