PENGARUH SARANA PRASARANA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON


Agnes Marganesa , 1401416227 (2020) PENGARUH SARANA PRASARANA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416227.pdf] PDF - Published Version
Download (712kB)

Abstract

Keberhasilan pelakasanaan proses pembelajaran bisa dinilai melalui perolehan hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan perubahan yang diperoleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar diantaranya sarana prasarana dan lingkungan belajar. Sarana prasarana yang lengkap dan memadai akan mendukung siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan lebih bersemangat. Begitu pula lingkungan belajar siswa yang mendukung akan memotivasi siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 184 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 126 siswa yang ditentukan berdasarkan rumus Slovin dan Proportionate Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar PPKn dan angket yang menggunakan skala likert 4 untuk data sarana prasarana dan lingkungan belajar. Data penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sarana prasarana terhadap hasil belajar PPKn dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,532 > 1,979. Presentase sumbangan pengaruh sarana prasarana terhadap hasil belajar PPKn sebesar 4,90%; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar PPKn dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel 5,098 > 1,979. Presentase sumbangan pengaruh Lingkungan Belajar terhadap hasil belajar PPKn sebesar 5,20%; serta (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sarana prasarana dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar PPKn dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel 5,434 > 3,07. Presentase sumbangan pengaruh sarana prasarana dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar PPKn sebesar 8,10%. Simpulan dari penelitian ini adalah sarana prasarana dan lingkungan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon. Saran dari peneliti, sekolah perlu menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran, dan bekerja sama dengan orang tua untuk memastikan kegiatan belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PPKn, Lingkungan Belajar, Sarana Prasarana.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 10:34
Last Modified: 01 Sep 2020 10:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38598

Actions (login required)

View Item View Item