PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SEKBIN II KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES


Yustiana Pangesti , 1401416202 (2020) PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SEKBIN II KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416202.pdf] PDF - Published Version
Download (743kB)

Abstract

Hasil belajar adalah penguasaan yang dimiliki siswa setelah mengalami proses belajar. Hasil belajar dipengaruhi beberapa faktor diantaranya konsep diri dan kebiasaan belajar siswa. Jika siswa mampu memahami konsep diri positif dalam dirinya, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap perolehan belajar Matematika siswa. Begitu pula dengan siswa yang memiliki kebiasaan belajar yang baik, akan memengaruhi hasil belajar yang baik pula. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan kebiasaan belajar siswa kelas V SD Negeri Sekbin II Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Sekbin II Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes berjumlah 246 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan rumus Slovin dan Proporsional Random Sampling sehingga didapatkan sampel penelitian sebanyak 153 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak struktur untuk mendapatkan informasi awal, dokumentasi untuk nama dan hasil belajar Matematika siswa, serta angket tertutup skala likert 4 pada variabel konsep diri dan kebiasaan belajar siswa. Hasil penelitian didapatkan bahwa: (1) Ada pengaruh antara konsep diri terhadap hasil belajar Matematika dengan hasil perhitungan thitung > ttabel yaitu 2,671 > 1,976 dan korelasi keduanya sebesar 0,212 atau dikatakan dalam kategori rendah. Besar sumbangan konsep diri terhadap hasil belajar Matematika siswa sebesar 4,5%; (2) Ada pengaruh antara kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika dengan hasil perhitungan thitung > ttabel yaitu 3,731 > 1,976 dan korelasi keduanya sebesar 0,296 atau dikatakan memiliki hubungan dalam kategori sedang. Besar sumbangan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika sebesar 8,4%; (3) Ada pengaruh antara konsep diri dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika dengan hasil perhitungan Fhitung > Ftabel yaitu 9,295 > 3,056 dan korelasi ganda dalam kategori rendah (0,332). Besar sumbangan konsep diri dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika siswa sebesar 11%. Saran peneliti adalah hendaknya guru memahami konsep diri dan kebiasaan belajar siswa yang bervariatif, agar dapat membentuk konsep diri positif dalam diri siswa, serta dapat membimbing siswa supaya memiliki kebiasaan belajar yang baik dengan meningkatkan kebiasaan membaca buku, agar siswa dapat mencapai hasil belajar Matematika yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri; Hasil Belajar; Kebiasaan Belajar Siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 09:27
Last Modified: 01 Sep 2020 09:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38594

Actions (login required)

View Item View Item