PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL


Nourma Allif Suryawati , 1401416192 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416192.pdf] PDF - Published Version
Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh penggunaan gadget yang kurang bijak dan disiplin belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gagdet dan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian adalah suluruh siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal yang berjumlah 215. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, multikolinearitas, dan uji heteroskidastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi ganda, analisis koefisien determinasi, dan analisis regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan gadget terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal, yang dibuktikan dengan perolehan thitung> ttabel (4,059>1,977) dengan pengaruh sebesar 10,7%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal, yang dibuktikan dengan perolehan thitung>ttabel (3,222>1,977), dengan pengaruh sebesar 7%; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan gadget dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal, yang dibuktikan dengan uji F yang memeroleh Fhitung>Ftabel (9,034>3,062) dengan pengaruh sebesar 11,7%. Disimpulkan bahwa penggunaan gadget dan disiplin belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa SD kelas V Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Saran peneliti bahwa guru harus meningkatkan disiplin belajar siswa dan mengarahkan siswa agar menggunakan gadget dengan positif. Sekolah dapat berkerja sama dengan orang tua agar menerapkan disiplin belajar dan mengawasi penggunaan gadget di rumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar, gadget, hasil belajar matematika.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 09:24
Last Modified: 01 Sep 2020 09:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38593

Actions (login required)

View Item View Item