KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN DI GUGUS NYI AGENG SERANG SEMARANG


Lukmi Maulana , 1401416186 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN DI GUGUS NYI AGENG SERANG SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416186.pdf] PDF - Published Version
Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitian berupa obeservasi, wawancara, dan data hasil belajar yang dilakukan di kelas IV SDN di Gugus Nyi Ageng Serang Semarang didapat bahwa hasil belajar muatan IPS kurang maksimal karena model dan media pembelajaran yang digunakan guru belum optimal, guru menggunakan model problem based learning namun siswa kesulitan dalam mengidentifikasi permasalahan dan media berupa gambar print out A4 belum mampu memudahkan siswa dalam mengidentifikasi permasalahan. Oleh karena itu perlu adanya perlakuan yaitu dengan penerapan model Problem Based Learning berbantuan Blog, karena model tersebut mendorong siswa memperoleh pengetahuan baru melalui permasalahan nyata serta media blog memungkinkan siswa memperoleh materi berupa teks, presentasi, diskusi, animasi, ujian, video dan belajar online dalam satu tempat. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan hasil belajar, mendeskripsikan aktivitas siswa dan menguji keefektifan model pembelajaran problem based learning berbantuan blog terhadap hasil belajar muatan IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN di Gugus Nyi Ageng Serang Semarang dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV SDN Mangkang Kulon 02 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN Mangunharjo sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis, uji gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan blog efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi perilaku ekonomi dan kesejahteraan di provinsi setempat. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung adalah 4,007 lebih besar dari ttabel yaitu 2,009 yang berarti model pembelajaran problem based learning berbantuan blog lebih efektif terhadap hasil belajar muatan IPS. Hasil uji n-gain kelas kontrol adalah 0,15 termasuk dalam kriteria rendah sedangkan nilai n-gain kelas eksperimen adalah 0,40 termasuk dalam kriteria sedang. Rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 82% dibandingkan kelas kontrol yaitu 64%. Simpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran problem based learning berbantuan blog efektif digunakan pada pembelajaran IPS dan meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran dengan menggunakan problem based learning berbantuan blog sebaiknya memperhatikan beberapa hal, yaitu perencanaan pembelajaran dan media yang baik sehingga pembelajaran efekif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: problem based learning; media blog; hasil belajar; keefektifan; IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 09:17
Last Modified: 01 Sep 2020 09:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38591

Actions (login required)

View Item View Item