PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN GUGUS W.R. SUPRATMAN KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL


Asti Wulan Maulida , 1401416173 (2020) PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN GUGUS W.R. SUPRATMAN KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416173.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Belajar merupakan proses berubahnya tingkah laku peserta didik setelah menerima pengetahuan. Perubahan tingkah laku tersebut yang dinamakan dengan hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V SDN Gugus W.R. Supratman Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal menunjukan bahwa hasil belajar PPKn siswa kurang optimal. Hasil belajar PPKn siswa tidak mencapai hasil yang optimal disebabkan oleh kurangnya memusatkan perhatian siswa saat proses pembelajaran berlangsung, kurangnya kesungguhan dan kesadaran siswa untuk memperoleh ilmu, siswa tidak semangat mengikuti pembelajaran di kelas, keterlibatan siswa di kelas tidak tampak, dan sikap siswa yang tidak interaktif dengan guru. Artinya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh konsentrasi belajar dan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN Gugus W.R. Supratman Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus W.R. Supratman Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal dengan jumlah 278 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 164 orang. Metode analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan analisis akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara konsentrasi belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (5,778 ˃ 1,975), signifikannya 0,000 < 0,05, dan korelasinya 0,413. Besarnya sumbangan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 17,1%. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi terhadap hasil belajar PPKn siswa dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (7,172 ˃ 1,975), signifikannya 0,000 < 0,05, dan korelasinya 0,491. Besarnya sumbangan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 24,1%. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara konsentrasi belajar dan motivasi terhadap hasil belajar PPKn siswa dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (28,604 > 3,900) dan korelasinya 0,512. Besarnya sumbangan konsentrasi belajar dan motivasi terhadap hasil belajar sebesar 26,2%. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara konsentrasi belajar dan motivasi terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN Gugus W.R. Supratman Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal sebesar 26,2%. Saran dari peneliti yaitu hendaknya guru meningkatkan konsentrasi dan motivasi belajar siswa agar hasil belajar yang diperoleh maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PPKn, Konsentrasi Belajar, dan Motivasi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 09:07
Last Modified: 01 Sep 2020 09:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38589

Actions (login required)

View Item View Item