PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL


Suci Endah Lestari , 1401416205 (2020) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416173.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus Sudirman Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal, tergolong masih rendah. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong siswa belajar dengan giat agar mencapai tujuan belajarnya yang ditandai dengan nilai dan hasil belajar yang tinggi. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pola asuh orangtua dan kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus Sudirman Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Sudirman Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal sebanyak 161 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 116 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling dengan jenis Proportionate Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian yaitu pedoman wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, dan angket pola asuh orangtua dan kebiasaan belajar serta motivasi belajar yang telah valid dan reliabel. Analisis akhir dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi ganda, analisis determinasi (R2), dan analisis regresi secara bersama-sama (uji F) Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan pola asuh orangtua terhadap motivasi, nilai thitung > ttabel atau 6,015 > 1,981. Kontribusi X1 terhadap Y adalah 24,1%. (2) Ada pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar, nilai thitung > ttabel atau 10,337 > 1,981. Kontribusi X2 terhadap Y adalah 48,4%. (3) Ada pengaruh yang signifikan pola asuh orangtua dan kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar, dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 70,024 >3,076. Kontribusi X1 dan X2 terhadap Y adalah 55,3%. Dapat disimpulkan bahwa pola asuh orangtua dan kebiasaan belajar memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar. Saran peneliti yaitu perlu adanya kerjasama dari berbagai pihak seperti siswa, guru, sekolah, dan orangtua dalam memperbaiki kebiasaan belajar yang kurang baik serta pola asuh yang tidak sesuai dengan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pola asuh orangtua; kebiasaan belajar; motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 08:57
Last Modified: 01 Sep 2020 08:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38587

Actions (login required)

View Item View Item