PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN DABIN III KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES


Lutfi Khoirunnisa , 1401416171 (2020) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN DABIN III KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416171.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Kualitas pendidikan dapat diketahui salah satunya melalui hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang diperoleh siswa setelah melaksanakan kegiatan belajar. Faktor yang memengaruhi hasil belajar diantaranya adalah disiplin belajar dan perhatian orang tua. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsi pengaruh disiplin belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Dabin III Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Dabin III Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes sebanyak 180 siswa dengan sampel sebanyak 125 siswa. Penelitian ini sebelumnya sudah memenuhi uji prasyarat analisis yang berupa uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan uji heteroskesdatisitas, sehingga dapat dilakukan uji hipotesis. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar (X1) terhadap hasil belajar siswa (Y) di SDN Dabin III Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes (ρ1 ≠ 0) dengan pengaruh sebesar 15%; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua (X2) terhadap hasil belajar (Y) di SDN Dabin III Kecamatan Paguyangan Kabupaten brebes (ρ2 ≠ 0) dengan pengaruh sebesar 13,2%; dan (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar dan perhatian orang tua secara bersamasama terhadap hasil belajar siswa di SDN Dabin III Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes (ρ3 ≠ 0) dengan pengaruh sebesar 18%. Saran bagi orang tua untuk dapat meningkatkan perhatian kepada anak dalam kegiatan belajar. Bagi guru untuk dapat menumbuhkan, menerapkan dan meningkatkan disiplin belajar siswa. Bagi sekolah untuk meningkatkan kerjasama yang baik antarguru secara berkesinambungan dalam memerhartikan siswa. Bagi peneliti lanjutan untuk dapat mencari faktor yang memengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Perhatian Orang Tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 08:53
Last Modified: 01 Sep 2020 08:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38586

Actions (login required)

View Item View Item