HUBUNGAN MINAT DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS AHMAD YANI KABUPATEN PEKALONGAN


Kusuma Anggriyani , 1401416170 (2020) HUBUNGAN MINAT DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS AHMAD YANI KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416170.pdf] PDF - Published Version
Download (5MB)

Abstract

Minat dan disiplin belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi diketahui bahwa minat dan disiplin belajar siswa masih rendah ditandai dengan hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menguji hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV SDN Gugus Ahmad Yani Kabupaten Pekalongan. (2) menguji hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV SDN Gugus Ahmad Yani Kabupaten Pekalongan. (3) menguji hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan disiplin belajar dengan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV SDN Gugus Ahmad Yani Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasi. Populasi berjumlah 151 siswa dengan jumlah sampel 106 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini meliputi minat belajar dan disiplin belajar sebagai variabel bebas sedangkan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar muatan IPS, nilai rhitung = 0,646 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 41,7%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar muatan IPS, nilai rhitung = 0,628 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 39,4%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan disiplin belajar dengan hasil belajar muatan IPS, nilai rhitung = 0,679 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 46,1%. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan disiplin belajar dengan hasil belajar muatan IPS. Saran bagi guru diharapkan dapat meningkatkan minat dan disiplin belajar siswa sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Serta bagi seluruh pihak terkait diharapkan dapat mengembangkan minat dan disiplin belajar sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar, hasil belajar, minat belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 08:49
Last Modified: 01 Sep 2020 08:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38585

Actions (login required)

View Item View Item