PENANAMAN SIKAP TANGGUNG JAWAB MELALUI APEL PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (APEL PPK) SISWA KELAS 3A SDN TAMBAKAJI 01 NGALIYAN KOTA SEMARANG
Eva Triyani , 1401416162 (2020) PENANAMAN SIKAP TANGGUNG JAWAB MELALUI APEL PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (APEL PPK) SISWA KELAS 3A SDN TAMBAKAJI 01 NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Download (1MB) |
Abstract
Menurunnya moralitas siswa sekolah dasar yang diakibatkan kurang optimalnya penguatan pendidikan karakter saat ini mengakibatkan banyaknya kasus penyimpangan moral di lingkungan sekolah dasar. Pemerintah mencanangkan program Penguatan Pendidikan Karakter yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 dalam rangka mengintegrasikan pendidikan karakter kedalam kegiatan pembudayaan dan pembinaan siswa di sekolah. Salah satu bentuk pengimplementasian Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah dilaksanakan di SDN Tambakaji 01 kota Semarang yakni melalui pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penanaman sikap tanggung jawab siswa kelas 3A melalui apel penguatan pendidikan karakter (apel PPK), mengidentifikasi hambatan dalam pelaksanaan apel penguatan pendidikan karakter (apel PPK), serta mendeskripsikan respon siswa kelas 3A terhadap pelaksanaan apel penguatan pendidikan karakter (apel PPK). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian merupakan siswa kelas 3A SDN Tambakaji 01, Kota Semarang dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, catatan lapangan, serta angket. Analisis data mengunakan analisis sebelum dilapangan dan analisis data setelah dilapangan. Teknik keabsahan data terdiri atas uji credibility dan uji confirmability. Dari hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa (1) apel penguatan pendidikan karakter (apel PPK) memiliki tiga kegiatan yang dijadikan sebagai sarana penanaman sikap tanggung jawab siswa kelas 3A SDN Tambakaji 01 yakni pembiasaan, pemberian teladan, serta penguatan; (2) Hambatan pelaksanaan apel penguatan pendidikan karakter (apel PPK) meliputi faktor cuaca yang kurang mendukung, kurangnya bimbingan dan arahan guru kelas 3A serta rasa malas siswa kelas 3A; (3) Respon siswa kelas 3A terhadap pelaksanaan apel penguatan pendidikan karakter (apel PPK) yaitu berupa respon penerimaan yang ditunjukkan dengan antusias dan rasa semangat siswa kelas 3A serta respon penolakan yang ditunjukkan dengan masih terdapat siswa yang malas dan tidak mengikuti apel penguatan pendidikan karakter (apel PPK).
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Apel penguatan pendidikan karakter; penguatan pendidikan karakter; tanggung jawab. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 08:47 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 08:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38584 |
Actions (login required)
View Item |