PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN DABIN I KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGALPENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN DABIN I KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL


Naprita Rizki Octaviani , 140141610 (2020) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN DABIN I KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGALPENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN DABIN I KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416101.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu indikator untuk mengetahui berhasil atau tidaknya penyelenggaraan pembelajaran. Ada beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa, diantaranya yaitu pola asuh orang tua dan disiplin belajar. Setiap keluarga memiliki cara dan pola asuh yang berbeda-beda dalam mendidik anaknya. Apabila orang tua menerapkan pola asuh yang tepat maka akan mencapai hasil belajar sesuai yang diharapkan. Siswa yang memiliki sikap disiplin yang tinggi akan selalu melaksanakan kegiatan belajar secara teratur. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan disiplin belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN Dabin I Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SDN Dabin I Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal yang berjumlah 272 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 162 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi hasil belajar PPKn, pola asuh orang tua, dan disiplin belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket tertutup dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif antara pola asuh orang tua dan hasil belajar PPKn siswa dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,232 > 1,975; (2) terdapat pengaruh yang positif antara disiplin belajar dan hasil belajar PPKn siswa dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,163 > 1,975; (3) terdapat pengaruh yang positif antara pola asuh orang tua dan disiplin belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 9,374 > 3,053. Besarnya pengaruh pola asuh orang tua dan disiplin belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa sebesar 10,5%. Berdasarkan hasil penelitian, maka semua pihak baik orang tua, guru dan sekolah saling berkomunikasi dan bekerjasama dalam memerhatikan pendidikan siswa dan meningkatkan sikap disiplin. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memaksimalkan kemampuan siswa dalam memperoleh hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar; Hasil Belajar PPKn; Pola Asuh Orang Tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 08:43
Last Modified: 01 Sep 2020 08:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38583

Actions (login required)

View Item View Item