EEFEKTIFAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR LUAS DAN KELILING SISWA KELAS IV SD NEGERI KALISUBE KECAMATAN BANYUMAS


Cahya Rizky Amaliyanti , 1401416089 (2020) EEFEKTIFAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR LUAS DAN KELILING SISWA KELAS IV SD NEGERI KALISUBE KECAMATAN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416089.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran matematika yaitu guru kurang inovatif dalam pembelajaran. Pada umumnya guru hanya menerapkan model pembelajaran konvensional sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pelajaran matematika. Hal tersebut berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran matematika, salah satunya yaitu dengan menerapkan pembelajaran pendekatan keterampilan proses. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan pembelajaran pendekatan keterampilan proses dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun datar di kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 46 siswa kelas IV SD N Kalisube Kecamatan Banyumas, yang terdiri dari 24 siswa kelas IVA dan 22 siswa kelas IVB. Seluruh populasi dijadikan sebagai anggota sampel karena peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, angket, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis akhir atau pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis pertama (uji perbedaan) data minat belajar menggunakan Independent Sample T Test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (3,888 > 2,015) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,443 > 2,015). Hal ini berarti terdapat perbedaan antara minat dan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran pendekatan keterampilan proses dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis kedua (uji keefektifan) data minat belajar menggunakan One Sample T Test diperoleh thitung > ttabel (6,424 > 1,714) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (4,598 > 1,714). Berdasarkan penghitungan tersebut, dapat diketahui bahwa minat dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran pendekatan keterampilan proses lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendekatan keterampilan proses efektif terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas IV SD N Kalisube pada pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun datar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; minat belajar; pendekatan keterampilan proses.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 08:39
Last Modified: 01 Sep 2020 08:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38582

Actions (login required)

View Item View Item