KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V SD NEGERI KALIGAYAM 02 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL


Aini Nur Milati , 1401416079 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA PREZI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V SD NEGERI KALIGAYAM 02 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416079.pdf] PDF - Published Version
Download (934kB)

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran muatan pelajaran IPA adalah guru masih kurang inovatif dalam menggunakan media pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan media prezi, menjadi lebih menarik dan dapat menimbulkan rangsangan belajar. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan media Prezi terhadap motivasi dan hasil belajar pada subtema Manusia dan Lingkungan muatan pelajaran IPA siswa kelas V. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kaligayam 02 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 45 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V A dan V B. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen, uji coba instrumen dilakukan di kelas V SD Negeri Kebasen 01 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas, uji kesamaan rata-rata dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan independent samples t test dan one samples t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis motivasi belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (3,077 > 2,020), sehingga H01 ditolak. Perhitungan uji keefektifan motivasi belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (4,710 > 2,080), sehingga H0 ditolak. Hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,267 > 2,020), sehingga H01 ditolak. Perhitungan uji keefektifan hasil belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (4,505 > 2,080) , sehingga H0 ditolak. Simpulan penelitian skripsi ini adalah penerapan media Prezi terbukti lebih efektif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa daripada media gambar. Saran peneliti melalui skripsi ini adalah guru mampu membuat dan menerapkan Prezi sebagai media dalam proses pembelajaran dengan menerapkan perpaduan penyisipan materi pelajaran. Mengolaborasikan media Prezi dengan model atau metode pembelajaran lain dengan menyesuaikan antara kebutuhan siswa, kesesuaian materi, dan fasilitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Prezi, Motivasi Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 08:31
Last Modified: 01 Sep 2020 08:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38580

Actions (login required)

View Item View Item