KEEFEKTIFAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI TEGALWANGI 02 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL


Hanum Sansabila , 1401416046 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI TEGALWANGI 02 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416046.pdf] PDF - Published Version
Download (9MB)

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran muatan pelajaran IPS adalah guru kurang inovatif dalam menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran muatan pelajaran IPS. Dengan menggunakan media permainan monopoli, pesan yang akan disampaikan akan lebih menarik perhatian siswa, sehingga akan timbul rangsangan belajar. Dengan demikian media permainan monopoli dapat mendorong siswa untuk aktif dan meningkatkan minat dalam pembelajaran muatan pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk menguji keefektifan media permainan monopoli ditinjau dari minat dan hasil belajar tema 8 subtema 1 muatan pelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri Tegalwangi 02 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Tegalwangi 02 Kabupaten Tegal yang berjumlah 58 siswa terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan angket. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan cronbach’s alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode lilliefors untuk menguji normalitas data, levene’s test untuk uji homogenitas, dan t test untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis minat belajar siswa menggunakan independent samples t test menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,740>2,003) dan uji hipotesis hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,805 > 2,003). Hasil uji keefektifan minat belajar siswa menggunakan one samples t test diperoleh thitung > ttabel (3,872> 2,052) dan uji hipotesis hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (4,473> 2,052). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media permainan monopoli terbukti efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Tegalwangi 02 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Disarankan kepada guru hendaknya menggunakan media permainan monopoli karena terbukti efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar tema 8 subtema 1 muatan pelajaran IPS materi mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Permainan Monopoli, Minat Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 08:13
Last Modified: 01 Sep 2020 08:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38576

Actions (login required)

View Item View Item