HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KARTINI KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN


Avieta Qomarus Sanah , 1401416037 (2020) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KARTINI KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416037.pdf] PDF - Published Version
Download (664kB)

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pola asuh orang tua dan minat belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar IPS. Salah satu bukti rendahnya hasil belajar yang terjadi di kelas IV SDN Gugus Kartini Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan yang menunjukkan hasil belajar siswa pada nilai rata-rata muatan IPS semester Gasal, ketidaktuntasan diperoleh sebesar 52,95%. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) seberapa besar hubungan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS; (2) seberapa besar hubungan minat belajar terhadap hasil belajar IPS; (3) seberapa besar hubungan pola asuh orang tua dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS; (2) menguji hubungan minat belajar terhadap hasil belajar IPS; (3) menguji hubungan pola asuh orang tua dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi berjumlah 130 siswa dengan jumlah seluruhnya dijadikan sampel penelitian yaitu dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi sederhana dan uji korelasi ganda, yang sebelumnya peneliti melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS, interpretasi keeratan korelasi menunjukkan kategori cukup yaitu sebesar 41,5%; (2) terdapat hubungan yang positif minat belajar terhadap hasil belajar IPS, interpretasi keeratan korelasi menunjukkan kategori sangat kuat yaitu sebesar 81,8%; (3) terdapat hubungan pola asuh orang tua dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS, interpretasi keeratan korelasi menunjukkan hubungan yang sangat kuat yaitu sebesar 88,8%. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS siswa. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu orang tua hendaknya menerapkan pola pengasuhan yang tepat, sehingga minat belajar siswa akan meningkat dan hasil belajar yang dicapai dapat lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua, minat belajar, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 08:10
Last Modified: 01 Sep 2020 08:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38575

Actions (login required)

View Item View Item