PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SD NEGERI DABIN VI KECAMATAN PEMALANG


Sakinah Maschun , 1401416034 (2020) PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SD NEGERI DABIN VI KECAMATAN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416034.pdf] PDF - Published Version
Download (788kB)

Abstract

Belajar merupakan aktivitas yang ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku positif. Proses belajar peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya Gerakan Literasi Sekolah dan perhatian orang tua. Gerakan Literasi Sekolah dan perhatian orang tua yang tidak dilakukan secara optimal akan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar kelas V SD Negeri Dabin VI Kecamatan Pemalang. Metode penelitian menggunakan metode ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling jenis proportionate stratified random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Berdasarkan teknik pengambilan sampel dari 222 peserta didik, diperoleh sampel penelitian sejumlah 143 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskpritif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif berguna untuk memberi gambaran mengenai data variabel. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gerakan Literasi Sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar, dibuktikan dengan nilai thitung > nilai ttabel (5,666 > 1,977) dan sumbangan pengaruh sebesar 18,5%; (2) perhatian orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar, dibuktikan dengan nilai thitung > nilai ttabel (6,104 > 1,977) dan sumbangan pengaruh sebesar 20,9%; (3) Gerakan Literasi Sekolah dan perhatian orang tua secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai Fhitung > Ftabel (23,632 > 3,061) dan sumbangan pengaruh sebesar 25,2%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Gerakan Literasi Sekolah dan perhatian orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kelas V SD Negeri Dabin VI Kecamatan Pemalang. Disarankan pada pihak sekolah dapat melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah secara optimal dan orang tua meningkatkan perhatian agar lebih intensif, karena kedua hal tersebut berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah; Hasil Belajar; Perhatian Orang Tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 08:03
Last Modified: 01 Sep 2020 08:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38573

Actions (login required)

View Item View Item